Pemerintah Izinkan Bioskop Buka, Tapi Ada Syaratnya, Apa Saja?
Pekerja memasang tanda jaga jarak saat simulasi pembukaan tempat hiburan bioskop New Star Cineplex di Ciamis Mall (Ci Mall), Ciamis, Jawa Barat, Rabu (2/12/2020) ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)
News
Nasional

Pemerintah Izinkan Bioskop Buka, Tapi Ada Syaratnya, Apa Saja?

Selasa, 14 September 2021 15:21 WIB 14 September 2021, 15:21 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah mulai melonggarkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan pemerintah sudah memperbolehkan layanan hiburan bioskop kembali beroperasi.

Mengutip dari Antara, pelonggaran tersebut diberikan karena penanganan COVID-19 dinilai sudah semakin membaik.

Namun ada empat persyaratan yang harus dipenuhi pihak pengelola dan pengunjung bioskop, yaitu : bioskop buka hanya di wilayah-wilayah dengan status PPKM level 3 dan 2, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, orang dengan kategori hijau menurut aplikasi atau telah vaksinasi lengkap, dan disertai penerapan protokol kesehatan ketat.

"Saya ulangi, dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan anya (orang) yang kategori hijau-lah yang dapat memasuki area bioskop," kata Menko Luhut, Senin (13/9/2021) malam.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno juga berharap pembukaan kembali bioskop dapat kembali menggairahkan industri perfilman nasional.

"Kita akan uji cobakan bioskop untuk dibuka mulai minggu ini dengan kapasitas 50 persen. Berarti ini diharapkan akan semakin giatkan industri perfilman dan promosi ini bisa diharapkan kembali bangkitkan semangat di industri film," katanya.


Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin sebelumnya menyebutkan sudah ada beberapa persiapan yang dilakukan demi menyambut pembukaan bioskop pada hari ini (14 September 2021).

Tak hanya pembukaan bioskop, pemerintah juga dikabarkan akan segera membuka tempat wisata dengan protokol kesehatan ketat dan implementasi PeduliLindungi di kota-kota yang berstatus PPKM level 3.


Artikel Menarik Lainnya:

Beraksi di Simalungun, Komplotan Begal Remaja dan Penadah Curian Dibekuk Polisi
Kesal, Informasi Vaksinasi Tak Jelas, Warga Perumnas Mandala Marah Hingga Robek KK
Oalah! Gegara Kabel Dicuri, RS Tipe C di Medan Labuhan Belum Berfungsi

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US