Pemko Medan Diminta Lindungi Cagar Budaya Sebagai Warisan Bersejarah
Kawasan bersejarah di Kota Medan. (Google Maps)
News
Kota Medan

Pemko Medan Diminta Lindungi Cagar Budaya Sebagai Warisan Bersejarah

Rabu, 10 Februari 2021 09:15 WIB 10 Februari 2021, 09:15 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Kota (Pemko) Medan diharapkan dapat melindungi cagar budaya yang ada di Kota Medan sebagai warisan bersejarah. Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Kota Medan, Syaiful Ramadhan.

"Dari bangunan di Jalan Ahmad Yani VII (eks Portibi, red), kita mengharapkan Pemkot Medan memiliki semangat untuk menjaga dan melindungi kawasan bersejarah," ujar dia, dikutip dari Antara, Rabu (10/2).

Syaiful mengatakan ada bangunan bersejarah di Jalan Ahmad Yani yang merupakan cagar budaya justru dirobohkan dan dibangun kembali tanpa memperhatikan ketentuan yang berlaku.

Padahal, kata dia, dalam UU No. 11/2010 tentang Cagar Budaya negara harus bertanggung jawab dalam perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatannya.

"Hari ini kita melihat ada pengabaian yang dilakukan oleh Pemkot Medan, sehingga bangunan bersejarah yang posisinya di inti kota luput dari pengawasan. Ini menjadi catatan penting bagi kita, dan kita tidak ingin menjadi preseden buruk ke depan," ucap dia.

Oleh karena itu, dia meminta keseriusan dan kesungguhan dari semua pihak, terutama Pemkot Medan dan pemilik atau pihak yang menguasai bangunan cagar budaya agar menjaga dan melestarikan bangunan bersejarah tersebut.

"Ketika perangkat perundang-undangannya sudah ada, maka diperlukan kesungguhan pemerintah untuk melindungi dan melestarikan bangunan di kawasan cagar budaya merupakan suatu keharusan," ucap dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US