Terkait Sengketa Tanah di Sumut, Gubernur Edy Targetkan 30% Selesai Tahun Ini
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat menerima kunjungan kerja Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Rabu (16/9). (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Terkait Sengketa Tanah di Sumut, Gubernur Edy Targetkan 30% Selesai Tahun Ini

Rabu, 16 September 2020 18:58 WIB 16 September 2020, 18:58 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi turut menyinggung persoalan sengketa tanah ketika menerima kunjungan kerja Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti di kediaman dinasnya di Jalan Sudirman, Medan, Rabu (16/9).

Terkait permasalahan pertanahan di Sumut, Edy mengatakan bahwa pihaknya menargetkan akan selesai 30% pada tahun ini.

"Permasalahan pertanahan kita, baik HGU dan eks HGU itu dalam proses. Secepatnya dalam tahun ini kami berharap targetkan 30% selesai," kata Edy.

Untuk persoalan dana bagi hasil tanah perkebunan, Edy mengaku sudah bertemu dengan sejumlah gubernur yang memiliki kawasan perkebunan. Untuk itu, dengan 1 juta hektare lahan perkebunan sawit di Sumut, persoalan dana bagi hasil ini bisa segera diselesaikan.

"Kita punya perkebunan yang luas sekali, tapi tidak mendapat apa-apa sama sekali, hanya mendapat pajak tanah," katanya.

Tidak hanya itu, tanah eks Bandara Polonia yang berubah jadi Lapangan Udara Soewondo, Edy mengatakan pihaknya sudah menerima perintah untuk memindahkannya ke Kabupaten Langkat dan saat ini sedang dalam proses. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti turut menyampaikan bahwa persoalan sengketa tanah juga menjadi fokus perhatian Presiden RI Jokowi.

Terkait dengan dana bagi hasil perkebunan sawit, Lanyalla meminta adanya dukungan dari Pemprov Sumut kepada DPD yang memperjuangkan revisi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Ada 21 provinsi penghasil sawit di Indonesia yang menginginkan Dana Bagi Hasil Sawit untuk provinsi penghasil. Kami meminta dukungan Pemprov Sumut agar apa yang kami perjuangkan dapat terwujud," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU