Mengapa di Negara-negara Barat Tak Ada Libur Khusus Hari Raya Idulfitri?
Seorang petugas polisi melakukan pengamanan dan penjagaan saat umat Muslim melaksanakan salat Idulfitri di sebuah ruas jalanan Brooklyn, Kota New York, AS. (REUTERS/Stephanie Keith)
News
Internasional

Mengapa di Negara-negara Barat Tak Ada Libur Khusus Hari Raya Idulfitri?

Kamis, 13 Mei 2021 09:38 WIB 13 Mei 2021, 09:38 WIB

INDOZONE.ID - Idulfitri merupakan salah satu Hari Raya yang begitu spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Berbagai macam tradisi dilakukan oleh umat Muslim saat menyambut Hari Raya Idulfitri. Mulai dari berkumpul dengan keluarga, mengenakan pakaian serba baru, menyantap hidangan makanan, hingga pergi berlibur ke tempat-tempat wisata.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, Hari Raya Idulfitri dirayakan dengan sangat meriah. Bahkan Idulfitri ditetapkan sebagai hari libur nasional selama beberapa hari.

Sayangnya, hal tersebut tidak dapat dirasakan umat Muslim yang tinggal di negara-negara barat. Hari Raya Idulfitri biasanya dirayakan dengan sangat sederhana, bahkan tidak ada hari libur khusus saat Hari Raya Idulfitri.

Mengapa demikian?

Umat Muslim memang tersebar di seluruh dunia, namun umat Muslim di negara-negara barat biasanya datang dari para imigran Timur Tengah dan negara-negara Asia lainnya.

Muslim di negara barat seperti di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa biasanya menjadi kaum minoritas. Sehingga perayaan Idulfitri tidak begitu meriah.

Di Amerika misalnya, umat Muslim tetap harus bekerja seperti hari biasanya. Makanya tak heran jika umat Muslim di sana kebanyakan akan mengambil jatah cuti selama beberapa hari agar bisa merayakan Idulfitri bersama keluarga. Hal yang sama juga dilakukan oleh umat Muslim di negara-negara Eropa.

Meski demikian, umat Muslim di Amerika dan Eropa tetap dapat melaksanakan salat Idulfitri di lapangan atau jalanan yang dijaga ketat oleh kepolisian setempat. Setelah melaksanakan salat Idulfitri, mereka akan kembali ke rumah masing-masing untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US