Dukung Imigrasi Sibolga Dapatkan Predikat WBP, DPRD Kagum Lihat Kantornya
Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori di ruang kerjanya. (Foto/Istimewa)
News
Kota Sibolga

Dukung Imigrasi Sibolga Dapatkan Predikat WBP, DPRD Kagum Lihat Kantornya

Sabtu, 16 Oktober 2021 14:58 WIB 16 Oktober 2021, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori di ruang kerjanya. Dalam pertemuan tersebut turut hadir Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga, Sanco Manullang beserta 3 orang staf dan perwakilan awak media Sibolga-Tapteng, Jumat, (16/10).

Dalam kunjungan tersebut, Jamil Zeb Tumori menyampaikan rasa bangga dan kagum atas beberapa capaian yang telah dilakukan Imigrasi Sibolga di masa kepemimpinan Saroha Manullang. 

"Kehadiran Imigrasi Sibolga saat ini menarik perhatian apalagi sejak diluncurkannya Jingle Imigrasi Sibolga, beberapa waktu lalu," ungkapnya saat berkunjung Kantor Imigrasi Sibolga, seperti yang dikutip Indozone, Sabtu, (16/10/2021).

Selain itu, dia katakan Imigrasi Sibolga juga memberikan gambaran semangat melayani sepenuh hati, beberapa potensi yang ada di Kota Sibolga juga turut ditampilkan dalam jingle tersebut. 

"Saya mendukung Imigrasi Sibolga meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)", katanya. 

Kemudian di pertemuan itu, dia, Sanco Manullang beserta 3 orang staf BPJS Ketenagakerjaan dan perwakilan awak media berkeliling melihat ruang pelayanan dan segala fasilitas yang ada di Kantor Imigrasi Sibolga.  

Antara lain ruangan media centre, ruang pelayanan yang nyaman, ruang tunggu prioritas bagi lansia, ibu hamil dan disabilitas, ruang foto dan wawancara yang transparan, taman bermain anak, ruang laktasi, layanan pengaduan, kacamata baca, pojok baca, makanan dan minuman gratis bagi pemohon, lemari gratifikasi, wifi gratis, alat bantu bagi kelompok rentan, jalur disabilitas, serta adanya duta layanan yang selalu siap melayani pemohon. 

Melihat hal itu, Jamil kembali lebih merasa kagum dan tidak menyangka dengan kondisi sekarang sudah jauh berbeda. Katanya, ini bisa menjadi contoh untuk instansi lain di Kota Sibolga dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

"Perubahannya 360 derajat" terangnya.

Di samping itu, Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang, menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih atas kunjungan Pimpinan DPRD Kota Sibolga ke Kantor Imigrasi Sibolga.

Katanya, salah satu fokus utama saat ini adalah pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Imigrasi Sibolga merupakan salah satu satuan kerja yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional MenpanRB. 

"Kami mohon dukungan dan masukan dari DPRD kota Sibolga demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat", ujar Saroha. 

Lanjutnya mengungkapkan, bahwa perubahan yang dilakukan tidak hanya berupa fisik bangunan dan ruangan pelayanan semata, namun jauh lebih penting dari itu adalah membangun pola pikir dan komitmen seluruh jajaran untuk meninggalkan paradigma lama dan berorientasi melayani tanpa pamrih sesuai dengan motto Imigrasi Sibolga Melayani Sepenuh Hati. 

"Saya pastikan bahwa seluruh pegawai di Imigrasi Sibolga bebas dari pungutan liar dan gratifikasi", ungkapnya. 

Beberapa waktu lalu, ia katakan, Imigrasi Sibolga telah mengundang narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan dan melaksanakan kegiatan In House Training, yaitu memberikan pelatihan budaya pelayanan prima kepada seluruh jajaran. 

"Dengan penerapan Budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa) serta cara berkomunikasi yang humanis kepada masyarakat sebagai pengguna layanan, diharapkan petugas kami dapat memberikan pelayanan terbaik setiap saat", kata Saroha. 

Untuk diketahui, beberapa inovasi yang dipaparkan oleh Saroha, antara lain Horas (Hampiri Orang Sakit, Baper (BAP Paspor Sehari), Mesra (Melayani Saat Istirahat), Adanya Kompensasi Layanan Paspor diantar ke rumah jika melebih batas waktu penyelesaian, pelayanan eazy passport yang sudah dilakukan ke beberapa tempat diluar kantor imigrasi, serta rencana pembangunan UKK di Mandailing Natal

Artikel Menarik Lainnya:


Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US