Divonis Bebas Hakim PN Medan, Febi Laporkan 'Bu Kombes' Terkait Utang Rp70 Juta ke Polisi
Terdakwa Febi Nur Amelia saat mendengar amar putusan hakim PN Medan. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Divonis Bebas Hakim PN Medan, Febi Laporkan 'Bu Kombes' Terkait Utang Rp70 Juta ke Polisi

Rabu, 07 Oktober 2020 16:15 WIB 07 Oktober 2020, 16:15 WIB

INDOZONE.ID - Febi Nur Amelia divonis bebas dan dinyatakan tak bersalah dalam kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Fitriani Manurung di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (6/10). 

Rupanya, Febi telah membuat laporan ke Polisi terkait utang sebesar Rp70 juta yang dipinjam oleh Fitriani, seorang yang dia sebut 'Bu Kombes'. Laporan tersebut sudah dilayangkan Febi sejak 2019 lalu dan saat ini sudah ada di Polda Sumatera Utara.

Rangkaian kasus pencemaran nama baik ini berawal dari saat Febi menagih utang sebesar Rp70 juta kepada Fitriani melalui instastory pada Februari 2020 lalu.

Berikut isi unggahan instastory Febi saat itu.

"SEKETIKA TERINGAT SAMA IBU KOMBES YG BELUM BAYAR HUTANG 70 JUTA TOLONG BGT DONK IBU DIBAYAR HUTANGNYA YG SUDAH BERTAHUN-TAHUN @FITRI_BAKHTIAR . AKU SIH Y ORANGNYA GK RIBET KLO LAH MMNG PUNYA HUTANG INI ORANG SUSAH BGT PASTINYA AKU IKHLASKAN TAPI BERHUBUNG BELIAU INI KAYA RAYA JADI HARUS DIMINTA DONK BERDOSA JUGA KLO HUTANG GK DIBAYAR KAN @FITRI_BAKHTIAR. Nah ini Yg punya Hutang 70 Juta Ini foto diambil sewaktu Dibandarjakarta Horor klo ingat yg beginian Mati nanti bakal ditanya lho soal hutang piutang"

Dari unggahan itu, Febi kemudian dilaporkan oleh Fitriani karena telah mencemarkan nama baiknya. Febi kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) menetapkannya sebagai terdakwa.

JPU mendakwa Febi karena telah melanggar pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU ITE terkait pencemaran nama baik. Untuk itu, JPU meminta hakim PN Medan menyatakan Febi bersalah dan menjatuhkan hukuman penjara 2 tahun.

Pada Selasa (6/10), majelis hakim PN Medan memberikan vonis bebas kepada terdakwa Febi. Majelis hakim yang diketuai Sri Wahyuni dalam amar putusannya menyebut bahwa Febi tidak terbukti mencemarkan nama baik Fitriani.

"Satu, menyatakan terdakwa Febi Nur Amelia tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan penuntut umum," tutur Sri Wahyuni.

“Dua, membebaskan terdakwa karena itu, dari dakwaan penuntut umum tersebut. Tiga, memulihkan hak terdakwa dalam kedudukan, harkat dan martabatnya," lanjut Sri Wahyuni.

Sementara itu, dalam pertimbangan hakim menyatakan bahwa Fitriani terbukti telah meminjam uang sebesar Rp70 juta kepada Febi. Meski sempat dibantah oleh Fitriani, namun hakim memiliki dua buktir transfer dari pihak Febi kepada suami Fitriani, yakni Kombes Pol Drs Ilsaruddin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU