Begini Klarifikasi Bupati Taput Terkait Pasien Positif Covid-19
Bupati Taput Nikson Nababan (kanan) didampingi Kadis Kesehatan dr Alexander Gultom. (ANTARA/Rinto Aritonang)
News
Kab. Tapanuli Utara

Begini Klarifikasi Bupati Taput Terkait Pasien Positif Covid-19

Rabu, 08 April 2020 16:05 WIB 08 April 2020, 16:05 WIB

INDOZONE.ID - Nikson Nababan, Bupati Tapanuli Utara sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Taput memberi klarifikasi terkait pasien positif corona sesuai tercantum dalam situs resmi tim gugus tugas Pemprovsu.

Melalui keterangan resmi Nikson di kantor Bupati Taput, Rabu (8/4/2020), ternyata, pasien tersebut merupakan warga Palembang, Sumatera Selatan yang kebetulan didaftarkan oleh seorang kontak warga Siborongborong, Tapanuli Utara.

"Mendengar ada warga Taput positif corona, jantung kita sudah mau copot. Namun saat kita telusuri, ternyata pasien itu warga Palembang ber-KTP Palembang yang didaftarkan oleh warga Siborongborong," jelas Nikson.

Selanjutnya dikatakan Nikson, keterangan tersebut diperoleh dari si pasien via selulernya yang akhirnya bersedia mengungkap keberadaan orang yang mengalami kontak langsung dengannya, yakni satu orang warga Siborongborong, dan seorang warga Toba.

"Rumah sakit yang dikunjungi, itu pertama RSUD Porsea, RSU HKBP Balige, RS Siloam, kemudian Colombia," jelasnya seraya mengutarakan progres upaya pengobatan atas si pasien yang diawali pada 27 Maret 2019.

Nikson juga mengungkapkan, ia telah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan rapid test dan isolasi terhadap warga Siborongborong dimaksud.

"Rapid test akan dilakukan tiap hari, termasuk juga kepada warga di sekitarnya. Ini juga telah dilakukan terhadap kontak si pasien di Toba dan di RSU Porsea, serta Balige sesuai hasil komunikasi dengan Bupati Toba Darwin Siagian," ujarnya.

Nikson berharap, semua pihak termasuk awak media agar waspada dalam menyikapi warga yang datang dari zona merah Covid-19.

"Kalau ada orang yang datang dari zona merah datang, tolong segera dikasih tahu," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US