Puluhan Rumah di Gunungsitoli Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung
Sejumlah warga berada di sekitar rumah-rumah yang rusak akibat angin kencang di Kota Gunungsitoli. (ANTARA/Irwanto)
News
Kota Gunung Sitoli

Puluhan Rumah di Gunungsitoli Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung

Rabu, 19 Februari 2020 20:25 WIB 19 Februari 2020, 20:25 WIB

INDOZONE.ID - Puluhan rumah warga di Kota Gunungsitoli rusak akibat diterjang puting beliung pada Rabu (19/2/2020) dini hari. Puluhan rumah itu berada di 4 desa/kelurahan di Kecamatan Gunungsitoli.

Pemko Gunungsitoli masih terus melakukan pendataan terhadap warga yang rumahnya rusak diterjang angin puting beliung itu. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, Kasieli Zega di Gunungsitoli, Rabu (19/2/2020)

"Saat ini kita masih melakukan pendataan dan melakukan koordinasi untuk menentukan apakah bencana yang terjadi dapat dikategorikan sebagai bencana daerah," ujar Kasieli Zega.

Kasieli mengatakan pihaknya masih menentukan apakah bencana puting beliung itu masuk ke dalam bencana daerah agar bisa
memberikan bantuan kepada para korban. Bantuan yang diberikan nantinya didasarkan kepada kriteria kerusakan yang terjadi.

"Saat ini kita bisa memberikan bantuan, tetapi jumlahnya tidak memadai, sehingga kita harus berkoordinasi untuk menentukan bencana yang terjadi sebagai bencana daerah," katanya.

Sementara itu, Camat Gunungsitoli, Mario Zebua mengatakan ada 4 desa/kelurahan di wilayahnya yang terdampak angin puting beliung. Keempat desa/kelurahan itu antara lain Desa Moawo, Desa Saewe, Desa Hilihao, dan Kelurahan Ilir. Pihak Kecamatan Gunungsitoli juga masih melakukan pendataan warga yang menjadi korban bencana angin puting beliung itu.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan rumah warga yang rusak dan warga yang terluka akibat dampak angin puting beliung," kata dia.

Dari hasil pendataan sementara, ada 3 unit rumah di Kelurahan Ilir, 32 unit rumah di Desa Moawo, 20 unit rumah di Desa Saewe dan 10 unit rumah di Desa Hilihao yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Sementara mengenai jumlah korban luka masih dilakukan pendataan.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU