Bantu Tangani Covid-19, PLN Sukses Produksi Oksigen Medis Murni
Oksigen medis murni buatan PLN. (photo/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
News
Nasional

Bantu Tangani Covid-19, PLN Sukses Produksi Oksigen Medis Murni

Kamis, 12 Agustus 2021 14:50 WIB 12 Agustus 2021, 14:50 WIB

INDOZONE.ID - PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) (Persero) telah berhasil memproduksi oksigen medis murni dengan tingkat kemurnian 99,9 persen yang dapat digunakan untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam peluncuran Produksi Oksigen PLN Peduli, Kamis (12/8/2021).

"PLN telah mendayagunakan semua kemungkinan untuk memproduksi oksigen medis murni, dari oksigen yang awalnya dibuang ke udara pada sistem pendinginan pembangkit PLN," kata Zulkifli dikutip dari Antara.

Zulkifli menambahkan oksigen yang diproduksi oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), anak perusahaan PLN tersebut, telah memenuhi ketentuan syarat medis dan mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Produk oksigen medis murni tersebut dipasok oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTGU) Muara Karang, Jakarta. 

Produksi oksigen yang dihasilkan dari PLTGU yang dikelola oleh unit pembangkitan milik PJB itu sebesar 900 m3 per bulan.

Selain itu, PLN juga bertekad untuk menambah kapasitas produksi oksigen medis murni dengan kapasitas 2 ton per hari, yang akan dikelola secara berkelanjutan melalui program CSR PLN Group.

"Ke depan ada potensi peningkatan produksi optimum oksigen medis murni sekitar 2 ton per hari dari 19 pembangkit di regional Jawa, Madura, dan Bali," ujarnya.

Zulkifli berharap oksigen medis tersebut bisa dimanfaatkan oleh rumah sakit untuk menangani pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU