Pemko Medan Segera Relokasi Merdeka Walk, Pedagang akan Dapat Kompensasi
Merdeka Walk (ANTARA/HO-instagram @merdekawalk.medan)
News
Kota Medan

Pemko Medan Segera Relokasi Merdeka Walk, Pedagang akan Dapat Kompensasi

Rabu, 15 September 2021 15:15 WIB 15 September 2021, 15:15 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengumumkan lapangan Merdeka Medan akan segera dikembalikan ke fungsi awal yakni ruang terbuka hijau (RTH). Akibatnya Merdeka Walk atau pusat kuliner yang ada di sana akan direlokasi. Ada dua alternatif lokasi yang disiapkan yakni gedung Warenhuis dan wilayah Kesawan.

Dijelaskannya pengelolaan Merdeka Walk di Lapangan Merdeka masih terikat kerjasama atau kontrak dengan pihak ketiga. Sehingga akan ada kompensasi yang diberikan Pemkot Medan ketika relokasi dilakukan.

"Itu kemarin saya minta pak wakil untuk berkomunikasi ke pengelolaannya sejauh ini setuju untuk dipindahkan. Tinggal mereka menyampaikan kepada tenant-tenant," kata Bobby, Rabu (15/9/2021).

Namun, kompensasi yang diterima pedagang bukanlah dalam bentuk uang.

"Kita pindahkan, kita kasih kompensasi, kompensasi setahun kah, dua tahun kah. Misalnya mereka sisa (kontrak) nya 4 tahun, kita pindahkan ke tempat strategis yang ramai nanti kita tambahkan jadi 5 tahun, jadi 6,7,8 tahun, sisanya free kan gitu. Itu untuk upaya kita biar keinginan masyarakat terakomodir, kegiatan usahanya tetap berjalan," jelas menantu Presiden Jokowi itu.

Selain itu, ia katakan, bangunan di kawasan Kesawan bukanlah aset Pemko Medan. Sehingga ketika tempat itu dijadikan tempat relokasi pedagang Merdeka Walk, maka perlu ada komunikasi kepada pemilik bangunan.

"Kita coba komunikasikan, karena tantangan kami gedung-gedung disitu kan bukan milik pemerintah, hanya Warenhuis saja. Bangunan di sepanjang Kesawan itu kan milik privat. Jadi kita komunikasikan, kita mengajak," bilangnya.

Sementara itu, pedagang buku di sisi timur Lapangan Merdeka Medan juga akan direlokasi. Dia tidak ingin ada pihak yang dirugikan dengan penataan Lapangan Merdeka.

"Pokoknya apapun yang kita lakukan gak mungkin kita korbankan. Sudah kita pikirkan, pedagang bukunya nanti begitu kita revitalisasi ada tempat khusus yang kita siapkan," sambungnya.

Penataan Lapangan Merdeka, katanya merupakan tindak lanjut dari masukan yang disampaikan masyarakat kepada Pemkot Medan.

"Suara masyarakat selalu kita dengarkan, sebisa mungkin suara masyarakat, tugas kami di sini menjalankan yang diperintahkan oleh masyarakat. Masyarakat pengennya Lapangan Merdeka ingin dikembalikan fungsinya hijau. Tapi perlu saya sampaikan, fungsi di dalamnya tetap tidak boleh berkurang," tegasnya.

Bukan hanya menjadikan Lapangan Merdeka sebagai RTH, suami Kahiyang Ayu tersebut juga ingin menjadikan taman kota itu sebagai tempat pertunjukan seni atau pagelaran kegiatan.

"Mudah-mudahan COVID-19 kita ini bisa kita terus menerus landai sampai beberapa tahun ke depan, bisa dibuat pagelaran seni budaya atau lain-lain bisa dipusatkan di sana. Itu terus dipikirkan konsepnya, kita baru rapat mengenai hal itu," urainya.


Artikel Menarik Lainnya:

Berantas Narkoba, Walkot Bobby Berencana Bangun Panti Rehabilitasi Gratis
Pria di Asahan Ditangkap saat Hendak Jual Motor Curian, Terancam 7 Tahun Penjara
Tertabrak Kereta Api, Seorang Pria di Medan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan
 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US