BMKG Lakukan Supervisi Sensor Mini Region di Tano Tombangan Angkola Tapanuli Selatan
Tim BBMKG Wilayah I Medan melakukan supervisi supervisi terhadap sensor mini region di Tano Tombangan Angkola, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. (ANTARA/HO)
News
Nasional

BMKG Lakukan Supervisi Sensor Mini Region di Tano Tombangan Angkola Tapanuli Selatan

Rabu, 28 April 2021 13:29 WIB 28 April 2021, 13:29 WIB

INDOZONE.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan supervisi terhadap sensor mini region di Tano Tombangan Angkola, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dalam upaya peningkatan kualitas sensor yang dipasang di alat tersebut.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Hartanto di Medan, Rabu (28/4/2021) mengatakan penguatan monitoring gempa bumi di Sumatera Utara sangat diperlukan.

Sejak tahun 2019, BMKG telah menambah instrument sensor mini region dalam deteksi gempa bumi di darat dengan skala yang cukup lokal.

"Kegiatan supervisi yang dilakukan untuk peningkatan kualitas sensor yang dipasang di Tano Tombangan Angkola, Tapanuli Selatan. BMKG hadir untuk memberikan layanan cepat dalam menginformasikan gempa bumi dan potensi tsunami," katanya.

Kordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan Eridawati, menjelaskan dalam tiga bulan terakhir terdapat lima kali kejadian gempa bumi di daerah Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Sebaran episenternya di darat dengan kedalaman yang cukup dangkal dan sangat lokal.

"Supervisi alat pemantau gempa bumi ini akan mendukung peningkatan kualitas monitoring dan deteksi kegempaan di Sumatera Bagian Utara, sehingga dapat memberikan respons cepat untuk memberikan informasi dini kepada pemangku kepentingan, " katanya.

Sementara Staf Pusat Gempa Regional (PGR) I, Marzuki Sinambela menyebutkan alat sensor yang dibangun tahun 2019 itu dikenal dengan sensor mini region TTSM.

Pembangunan sensor di wilayah itu didasarkan pada kondisi geologi Tapanuli Selatan yang terletak pada patahan Semangko dan segmen Angkola.

"Selain itu, wilayah ini juga sangat dipengaruhi oleh beberapa segmen Toru dan Barumun," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU