Dukung Kebijakan Pemerintah, Gubsu Minta Warga Lapor Jika Tarif PCR di Atas 300 Ribu
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.??????? ANTARA/HO-Diskominfo Sumut)
News
Kota Medan

Dukung Kebijakan Pemerintah, Gubsu Minta Warga Lapor Jika Tarif PCR di Atas 300 Ribu

Kamis, 04 November 2021 10:54 WIB 04 November 2021, 10:54 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi meminta warga melapor jika mendapati tarif layanan uji Polymerase Chain Reaction (PCR) di atas Rp300 ribu.  Pasalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah mendukung kebijakan pemerintah yang menurunkan tarif PCR menjadi Rp300 ribu.

“Pemprov sejak awal sudah merespons positif kebijakan Presiden Joko Widodo menurunkan harga uji PCR menjadi Rp300 ribu. Jadi kalau ada yang tak sesuai laporkan," katanya Edy, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Kamis (4/11/2021).

Ia menjelaskan perusahan penyedia layanan tes PCR khususnya di Sumut harus mengikuti peraturan. Sebab jika ada yang membangkang maka perusahaan tersebut akan dikenai sanksi.

"Tarif uji PCR harus sesuai ketentuan. Kalau ada yang tidak mematuhi aturan itu, bisa dilaporkan langsung ke Pemprov Sumut, yakni ke Dinas Kesehatan Sumut atau pemkab/pemko. Akan kita beri sanksi sesuai koordinasi dengan pihak berwenang," sambungnya.

Namun ia menambahkan sepertinya perusahan penyedia layanan tes PCR tidak akan membangkang sebab persoalan ini turut menyangkut persaingan bisnis. 

"Tapi saya kira, perusahaan tidak berani membangkang. Bukan hanya karena imbauan Presiden Jokowi, tetapi juga menyangkut persaingan bisnis. Warga tentu saja akan memilih pemeriksaan dengan tarif yang lebih murah,” tambahnya.

Selain itu menurutnya penurunan harga uji PCR dipastikan memudahkan masyarakat yang harus PCR. Termasuk juga membantu pemerintah untuk menangani atau menekan penyebaran COVID-19.
Seperti Pemerintah Provinsi Sumut sendiri yang saat ini terus melakukan berbagai langkah untuk menekan penyebaran COVID-19, apalagi ada ancaman gelombang ketiga.

“Pemprov Sumut saat ini akan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat, penguatan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19 menjelang natal dan tahun baru,” bebernya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US