14 Hektar Lahan Disediakan Pemkot Medan untuk Pemakaman Korban Corona
Sejumlah petugas sedang membangun akses jalan ke pemakaman. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
News
Kota Medan

14 Hektar Lahan Disediakan Pemkot Medan untuk Pemakaman Korban Corona

Kamis, 02 April 2020 16:00 WIB 02 April 2020, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Lahan pemakaman khusus untuk korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) telah disediakan Pemerintah Kota Medan. Lokasinya berada di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan.

Pada Kamis, (2/4/2020), Minpin Bangun selaku Mandor Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim Simalingkar B, menyebut bahwa lahan perkebunan milik Pemkot Medan seluas 14 hektar itu disediakan khusus untuk menampung jenazah korban yang terpapar COVID-19.

"Memang belum ditentukan berapa hektar untuk menampung jenazah khusus corona ini, tapi tidak juga dibatasi harus berapa. Intinya 14 hektar ini siap untuk menampung jenazah," katanya kepada Antara yang dijumpai di lokasi TPU.

Minpin menambahkan sejauh ini, proses pengerjaan lahan pemakaman berjalan lancar. Puluhan pekerja dikerahkan guna mempercepat penyelesaian.

"Kalau bisa, hari ini kita selesai pengerjaannya," katanya.

Dilansir dari Antara, sejumlah petugas sedang membangun akses jalan ke pemakaman. sebanyak empat unit truk pasir dan satu unit alat berat juga diturunkan untuk membuat lubang pemakaman jenazah.

Lahan khusus Untuk Pemakaman Korban Covid-19 di medan
Sejumlah petugas sedang membangun akses jalan ke pemakaman. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi mengatakan bahwa lahan tersebut disediakan sebagai alternatif mengantisipasi penolakan warga terhadap pemakaman jenazah virus corona.

Bukan hanya pemakaman khusus saja yang disediakan, tim penanganan serta alat penguburan juga tersedia.

"Untuk penguburan korban yang meninggal kita sudah lakukan terlebih dahulu pengamanan dari rumah sakit. Jenazah sudah dibungkus plastik kedap dan peti yang dikunci sehingga tidak akan membuat orang tertular lagi,” ujar Edwin.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US