Pemerintah Pusat Kucurkan Rp66,5 Miliar Untuk Pembangunan Pasar Sibolga Nauli
Kota Sibolga. (Instagram/phito_ars)
News
Kota Sibolga

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp66,5 Miliar Untuk Pembangunan Pasar Sibolga Nauli

Jumat, 10 Juli 2020 10:31 WIB 10 Juli 2020, 10:31 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR mengucurkan dana anggaran sebesar Rp66,5 miliar untuk pembangunan Pasar Sibolga Nauli. Nantinya, proses tender pembangunan pasar itu akan dimulai pada akhir Juli ini.

"Pembangunan Pasar Sibolga Nauli ini anggarannya bersumber dari APBN Kementerian PUPR sebesar Rp66,5 miliar. Sedangkan untuk dana relokasi pedagang dan meratakan empat blok pasar akan ditampung di P-APBD Kota Sibolga. Untuk itulah hari ini ada rapat untuk membahas hal itu sekaligus membuat perencanaan pembangunan bersama dengan Kementerian PUPR dan pihak Balai,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Sibolga, Agung Mariani Barus dalam rapat percepatan dan persiapan pembangunan Pasar Sibolga Nauli dengan Kementerian dan Balai PUPR Sumut melansir Antara, Jumat (10/7).

Terkait tempat relokasi pedagang anggarannya akan disesuaikan dengan yang ditampung di P-APBD Sibolga.

“Kalau memang anggaran relokasi itu ditampung untuk sekitaran Jalan Patuan Anggi Sibolga, maka para pedagang akan direlokasi ke kawasan Patuan Anggi. Jadi teknisnya diserahkan kementerian PUPR kepada kita,” urainya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori yang turut hadir dalam rapat itu menyambut baik pembangunan Pasar Sibolga Nauli. Untuk itu, dia meminta para pedagang agar mendukung pembangunan pasar tersebut agarnya nantinya pedagang lebih nyaman untuk berjualan.

“Tahun depan pasarnya sudah selesai dibangun, karena akhir Juli ini proses tender dimulai. Dan untuk mendukung proyek tersebut, DPRD Sibolga pada perubahan APBD nanti akan megalokasikan dana relokasi pedagang sebesar Rp2,9 miliar, dan Rp400 juta untuk biaya meratakan empat blok Pasar Sibolga Nauli,” ungkapnya.

Jamil menegaskan, setelah Pasar Sibolga Nauli selesai dibangun, maka semua pedagang yang direlokasi bisa kembali berjualan di Pasar Sibolga Nauli dengan gedung yang baru.

“Sekali lagi kami mengimbau para pedagang agar mendukung pembangunan Pasar Sibola Nauli ini. Dan kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp66,5 miliar untuk pembangunan pasar ini,” sebut politisi Golkar itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US