Siap-siap, Bantuan Subsidi Gaji Rp600 Ribu Tahap Ketiga Segera Cair, Ada 3,5 Juta Penerima
Ilustrasi uang Rupiah. (ANTARA FOTO)
News
Nasional

Siap-siap, Bantuan Subsidi Gaji Rp600 Ribu Tahap Ketiga Segera Cair, Ada 3,5 Juta Penerima

Kamis, 10 September 2020 10:26 WIB 10 September 2020, 10:26 WIB

INDOZONE.ID - Bantuan subsidi gaji Rp600 ribu tahap ketiga akan segera cair. Hal itu ditandai dengan telah dilakukannya penyerahan data calon penerima bantuan sebanyak 3,5 juta ke Kementerian Ketenagakerjaan dari Bpjamsostek.

Direktur Utama Bpjamsostek Agus Susanto dalam keterangannya, Rabu (9/9) mengatakan bahwa pihaknya telah menyerahkan sebanyak 3,5 juta data nomor rekening yang akan menerima bantuan subsidi gaji tahap ketiga.

Dengan demikian, Bpjamsostek kini telah menyerahkan sebanyak 9 juta data nomor rekening ke Kemnaker.

Dikatakan Agus Susanto, bantuan subsidi gaji Rp600 akan disalurkan Kemnaker secara bertahap dalam setiap pekan hingga akhir September 2020 dengan total penerima mencapai 15,7 juta pekerja.

"Tujuannya mempermudah proses rekonsiliasi, monitoring dan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dalam pelaksanaan program BSU," kata dia.

Setiap data nomor rekening yang diterima, akan terlebih dahulu divalidasi ulang secara berlapis oleh Kemnaker untuk memastikan bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

Sementara itu, bagi data yang tidak lolos validasi bank, maka Bpjamsostek akan mengembalikan data nomor rekening kepada perusahaan untuk dikonfirmasi ulang.

"Bjamsostek terus mendorong perusahaan atau pemberi kerja untuk segera menyampaikan data nomor rekening peserta yang memenuhi persyaratan, dengan batas waktu telah diperpanjang hingga tanggal 15 September 2020," jelas dia.

"Kami juga berharap perusahaan mempercepat proses penyampaian data yang memerlukan konfirmasi ulang," tambah dia.

Seperti diketahui, dalam program bantuan subsidi gaji ini, pemerintah akan memberikannya kepada 15,7 juta pekerja swasta dan pegawai pemerintah non-PNS yang memiliki upah di bawah Rp5 juta.

Adapun jumlah subsidi gaji yang diberikan sebesar Rp600 ribu per bulan dan dibagikan dalam dua kali penyaluran, yakni sebesar Rp1,2 juta per sekali transfer.

Berikut syarat untuk mendapatkan subisidi gaji Rp600 ribu:

  • WNI
  • Tercatat sebagai peserta aktif BPJamsostek per Juni 2020
  •  Aktif membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan
  • Gaji di bawah Rp5 juta
  • Memiliki nomor rekening aktif
  • Bukan karyawan BUMN, lembaga negara, dan non ASN

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US