Meski Jadi Tersangka, Korban Begal yang Bunuh Pelaku Tak Ditahan, Ini Penjelasan Polisi
Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko (Istimewa)
News
Kab. Deli Serdang

Meski Jadi Tersangka, Korban Begal yang Bunuh Pelaku Tak Ditahan, Ini Penjelasan Polisi

Jumat, 31 Desember 2021 15:09 WIB 31 Desember 2021, 15:09 WIB

INDOZONE.ID - Dedi Irwanto, korban begal yang berstatus sebagai tersangka karena menewaskan satu dari empat pelaku tak ditahan. Pria 21 tahun tersebut hanya dikenakan wajib lapor oleh polisi.

“Tersangka tidak kita tahan,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

Riko menjelaskan Dedi sangat kooperatif saat menjalani pemeriksaan kepolisian.

“Wajib lapor karena kooperatif,” katanya.

Sebelumnya Dedi sempat disandungkan dengan pasal 351 KUHP ayat 3 atas dugaan penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Namun upaya restoratif justice kepadanya sangat dimungkinkan.

"Restorative justice, saya persilakan ke dua belah pihak. Kami tidak mencampuri masalah itu. Karena ada yang meninggal dunia, terlepas sebagai korban atau apanya," tutur Kapolsek Sunggal, Kompol Chandra Yudha beberapa waktu lalu.

Dedi sendiri diketahui merupakan korban begal. Ponsel dan sepda motornya hampir dirampas saat ia sedang melintas di Jalan Sei Beras Sekata, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Selasa (22/12) malam.

Ia mengaku saat itu sedang menerima telpon di pinggir jalan. Namun tiba-tiba saja ia dihampiri oleh empat pria yang tidak dikenal.

Keempat pelaku mengintrogasinya dan merampas ponsel miliknya. Tak hanya itu, para pelaku juga ingin membawa kabur sepeda motornya.


"Saya matikan motor saya, saya tarik kuncinya, saya buang, setelah itu saya dipukuli sampai helm saya lepas, dipukul berkali-kali sampai jatuh," sebutnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan ketika itu dirinya sempat berteriak meminta pertolongan kepada warga. Namun, lantaran kondisi kawasan tersebut sepi, tidak ada seorangpun yang menolongnya.

Saat situasi seperti itulah, ia teringat kalau membawa sebilah pisau lipat yang diselipkan di dalam sakunya dan melindungi diri dengan cara menusuk salah satu pelaku yang ternyata langsung tewas.

"Harapannya ada keadilan untuk saya karena saya di sini korban juga dan ingin membela diri saya karena saya merasa terancam saya keluarkanlah itu (pisau lipat)," ujar Dedi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US