Ma'ruf Amin: Indonesia Mayoritas Muslim, Namun Indonesia bukan Negara Islam
Ma'ruf Amin. / istimewa
News
Nasional

Ma'ruf Amin: Indonesia Mayoritas Muslim, Namun Indonesia bukan Negara Islam

Sabtu, 03 April 2021 14:28 WIB 03 April 2021, 14:28 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengakui bahwa Indonesia memang negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Namun, Wapres Ma'ruf menegaskan bahwa meski begitu, Indonesia bukanlah negara Islam.

"Saya ingin memulai pesan kebangsaan ini dengan menegaskan kembali bahwa walaupun Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim, bahkan yang terbesar di dunia, namun Indonesia bukan negara Islam. Dasar negara kita adalah Pancasila, sebagai suatu kesepakatan nasional yang disusun oleh para pendiri bangsa," kata Ma'ruf dalam acara Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 , dikutip Sabtu (3/4/2021).

Menurutnya, Pancasila telah mengakomodasi keberagaman masyarakat Indonesia selama ini. Pancasila telah menjadi perekat masyarakat untuk menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika.

"Kebhinekaan kita merupakan fondasi, kekayaan sekaligus kekuatan eksistensial negara dan bangsa Indonesia," kata dia.

Ma'ruf menambahkan bahwa selama ini Indonesia telah berhasil merawat dan menjaga keberagaman masyarakatnya, sehingga mendapat apresiasi dunia.

Tidak banyak negara yang bisa dengan mudah mempraktekkan keberagaman dalam segi pemerintahan, hukum, dan undang-undang.

"Bahkan dalam penetapan hari libur nasional yang mencerminkan heterogenitas agama masyarakatnya. Kesemuanya itu sepatutnya menjadi kebanggaan bagi kita semua, sekaligus sebagai pengingat untuk terus merawat dan menjaga keberlanjutannya," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US