Sepekan di Tahun 2021, Harga Cabai Merah di Tapanuli Selatan Menurun Signifikan
Ilustrasi pedagang cabai merah di pasar. (ANTARA FOTO/Ampelsa)
News
Kab. Tapanuli Selatan

Sepekan di Tahun 2021, Harga Cabai Merah di Tapanuli Selatan Menurun Signifikan

Jumat, 08 Januari 2021 10:49 WIB 08 Januari 2021, 10:49 WIB

INDOZONE.ID - Selama sepekan di tahun 2021, harga komoditas pokok seperti cabai merah di Tapanuli Selatan menurun signifikan. Sebelumnya, pada akhir 2020, harga cabai merah tercatat berkisar Rp50 ribu per kilogram, kini menurun menjadi Rp30 per kilogramnya.

"Diakhir tahun 2020 sempat menjual di kisaran Rp50 ribu sekarang turun di kisaran Rp25-30 per Kg (kilogram)," kata Mara Adil Hutasuhut melansir Antara, Jumat (8/1).

Menurut Mara, menurunnya harga komoditas pokok di Tapanuli Selatan dikarenakan membanjirnya stok cabai merah yang datang dari berbagai daerah.

"Akhir tahun petani banyak yang tidak ke ladang memanen cabainya, harga naik. Dipetik setelah Tahun Baru, pasokan bertambah harga menurun," ujar dia.

Untuk itu, kata Mara, harga di tingkat pengecer atau pasar setelah dari pengumpul bisa mencapai Rp40-45 ribu dalam per kilogram.

Sementara, untuk harga cabai rawit hijau dan merah bisa dikisaran Rp45-50 ribu per kilogram.

Herman Harahap, salah satu pengurus Forum Petani Sipirok mengatakan beberapa waktu lalu dia sempat menjual cabai merah hasil dari kebunnya dengan Rp25 ribu per kilogram di tingkat pengumpul.

Oleh karena itu, keduanya berharap harga jual hasil panen petani khususnya komoditi cabai merah keriting dapat lebih meningkat lagi kedepan di daerah ini. 

"Naiknya harga komoditi seperti cabai akan berdampak positif bagi pendapatan petani apalagi dalam menghadapi pandemi covid-19 sekarang ini," kata mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US