RS Adam Malik Medan Akan Terapkan Terapi Plasma Convalescent untuk Tangani Pasien Covid-19
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
News
Kota Medan

RS Adam Malik Medan Akan Terapkan Terapi Plasma Convalescent untuk Tangani Pasien Covid-19

Rabu, 16 September 2020 19:09 WIB 16 September 2020, 19:09 WIB

INDOZONE.ID - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan akan menerapkan metode pengobatan terapi dengan melalui plasma Convalescent untuk menangani pasien Covid-19.

Direktur Utama (Dirut) RSUP Haji Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk tim plasma convalescent. Nantinya, rumah sakit ini akan menjadi model penanganan efektif kesembuhan pasien Covid-19.

"Kemarin juga sudah ada datang staf ahli Menteri untuk menguatkan ini," kata dia, Rabu (16/9).

Untuk diketahui, terapi plasma Convalescent merupakan metode pengobatan dengan mengambil anti bodi pasien Covid-19 yang sudah sembuh, untuk selanjutnya dimasukkan ke tubuh pasien Covid-19 yang masih sakit.

"Artinya plasma convalescent ini mentransfer anti bodi. Itu sudah dilakukan, dan plasmanya dibawa dari RSPAD Gatot Subroto," kata dia.

Zainal mengatakan, persentase kesembuhan pasien Covid-19 yang dirawat di RSUP Haji Adam Malik Medan sudah mencapai 95 persen jika dibanding dengan angka kematian.

Itu artinya, kata Zainal, dari 100 orang yang dirawat, hanya lima atau enam orang saja yang meninggal.

"Jika pengobatan yang dilakukan selama ini ya sesuai standar protokol. Untuk yang khusus, anti virus aluvia kita juga ada, selain kedepan kita mau ke plasma convalescent," tutup dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU