Banjir Bandang Bahorok Terjadi Diduga Karena Adanya Pembalakan Liar
Banjir bandang Sungai Landak di Bukit Lawang Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat membawa material seperti kayu dan lumpur. ANTARA/HO
News
Kab. Langkat

Banjir Bandang Bahorok Terjadi Diduga Karena Adanya Pembalakan Liar

Kamis, 19 November 2020 14:18 WIB 19 November 2020, 14:18 WIB

INDOZONE.ID - Kawasan wisata Landak River, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Langkat dilanda banjir bandang pada Rabu dini hari (18/11).

Banjir bandang itu disebut-sebut sebagai banjir bandang terbesar kedua, setelah peristiwa yang sama terjadi beberapa puluh tahun yang lalu di lokasi yang sama.

Mengutip Antara, Kamis (19/11), Direktur Rumah Bahari Azhar Kasim mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi diduga karena adanya pembalakan liar di kawasan itu.

"Peristiwa banjir bandang Bahorok tentulah tak mengagetkan kita, karena diduga ada perlakuan yang salah di kawasan itu, kemungkinan ilegal logging dan pembalakan liar terhadap hutan disana," kata dia.

Azhar mengatakan, saat banjir bandang terjadi, tidak hanya ada lumpur kuning, melainkan juga ada kayu-kayu besar yang menghantam kawasan itu. Kondisi itu memperlihatkan adanya pembalakan liar yang dibiarkan.

"Kuat dugaan ada peristiwa ilegal logging di kawasan hutan Taman Nssional Gunung Leuser (TNGL)," katanya.

Untuk itu, menurut Azhar, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) harus bersikap tegas dan serius dalam mengurangi aksi pembalakan liar di kawasan hutan TNGL yang diklaim sebagai paru paru dunia.

Pihaknya juga sangat berharap Polres Langkat, Polda Sumatera Utara dapat mengusut secara serius adanya dugaan ini, dibuktikan dengan banyaknya gelondongan kayu yang berada di kawasan itu.

Selain itu juga meminta Dinas Pariwista dan Budaya Langkat untuk menutup kawasan itu sementara hingga selesai penyelidikan oleh pihak berwajib.

Karena kita tidak menginginkan terulangnya kembali pristiwa banjir bandang besar dikawasan wisata Bukit Lawang Kecamatan Bahorok pada tempat lainnya di daerah itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US