Tolak RUU HIP, Mahasiswa Deli Serdang Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD
Sejumlah mahasiswa dan pemuda di Deli Serdang menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD pada Jumat (10/7). (Dok. Agung Wijaya)
News
Kab. Deli Serdang

Tolak RUU HIP, Mahasiswa Deli Serdang Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD

Sabtu, 11 Juli 2020 15:52 WIB 11 Juli 2020, 15:52 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah mahasiswa dan pemuda di Deli Serdang yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Deli Serdang Pembela NKRI (GPDSP NKRI) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Deli Serdang untuk menolak RUU HIP pada Jumat (10/7).

Namun, tidak ada satupun anggota DPRD Deli Serdang yang menerima aksi yang dikoordinatorkan oleh Roni Pradeka Putra itu lantaran tengah melakukan kunjungan kerja ke Daerah.

Massa aksi hanya diterima oleh sejumlah Kabag DPRD Deli Serdang, yakni di antaranya Kabag Anggaran dan Pengawasan Buyung Hasibuan, Kabag Umum Indrawansyah Harahap dan Kabag Hukum Risalah dan Humas Retno Puji Astuti.

Salah seorang peserta aksi bernama Agung Wijaya, mengatakan kepada Indozone bahwa massa mengajukan enam tuntutan yang terdiri dari enam poin.

Pertama, menolak pembahasan RUU HIP di DPR RI Serta Cabut Dari Program Legislasi Nasional, bukan hanya di tunda ataupun bukan hanya di ganti judul itu sendiri. Kedua, mendesak Presiden untuk bersama-sama mendesak RUU HIP.

Ketiga, meminta kepada Pemerintah dan DPR RI sebagai lembaga perwakilan Rakyat serta Partai Politik untuk tidak mengusulkan dan membentuk produk Hukum dan perundang undangan yang dapat menimbulkan polemik ataupun bertentangan dengan masyarakat, mengusik hal hal yang sudah jadi kesepakatan berbangsa dan bernegara.

Sejumlah mahasiswa dan pemuda di Deli Serdang menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD
Sejumlah mahasiswa dan pemuda di Deli Serdang menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD pada Jumat (10/7). (Dok. Agung Wijaya)

Keempat, meminta kepada aparat yang berwajib untuk mengusut oknum oknum yang menyusun dan mengusulkan draf RUU HIP ini karena diduga mengandung tindakan kejahatan terhadap keamanan negara sesuai dengan undang undang nomor 27 tahun 1999 serta tertuang dalam KUHP pasal 196 A Jo 107B

Kelima, menolak kebangkitan kembali paham Komunisme, marxisme, lenimisme, baik dalam bentuk kelompok, organisasi organisasi dan simbol simbol lain nya.

Terakhir, meminta kepada pemerintah dan  DPR RI untuk lebih memfokuskan membangun indonesia lebih baik kedepan nya  melalui sektor Pendidikan, ekonomi, Sosial dan lain lain nya.

Karena tidak ada anggota DPRD Deli Serdang yang menerima, massa aksi sempat bersitegang dengan sejumlah Kabag DPRD.

Melihat situasi itu, pihak Polresta Deli Serdang pun turun untuk ikut memediasi kedua belah pihak dan hasilnya akan dilakukan pertemuan ulang pada Senin (13/7).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU