KPU Batasi Dana Kampanye Paslon Pilkada Medan Maksimal Rp36 Miliar
Komisioner KPU medan sedang menjelaskan tentang besaran dana kampanye masing-masing Paslon Pilkada Medan. (Antara)
News
Kota Medan

KPU Batasi Dana Kampanye Paslon Pilkada Medan Maksimal Rp36 Miliar

Kamis, 29 Oktober 2020 14:33 WIB 29 Oktober 2020, 14:33 WIB

INDOZONE.ID - KPU Medan membatasi dana kampanye bagi masing-masing pasangan calon (paslon) Pilkada Medan 2020 yakni, maksimal sebesar Rp36 miliar.

Komisioner KPU Medan Zefrizal mengatakan bahwa jumlah tersebut bersifat mengikat sehingga masing-masing calon tidak boleh mengeluarkan dana kampanye lebih dari sesuai kesepakatan.

"Batasan pengeluaran dana kampanye diatur dalam pasal 12 Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2020 tentang dana kampanye. Angka itu juga sudah disepakati," kata dia melansir Antara, Kamis (29/10).

Lebih lanjut, kata Zefrizal, bagi paslon yang mengeluarkan dana kampanye lebih dari kesepakatan, maka akan ada konsekuensi yang akan dihadapi paslon Pilkada Medan.

"Jika misalnya ada paslon yang ngeyel tetap mengeluarkan dana kampanye melebih dari apa yang sudah ditetapkan maka paslon bisa didiskualifikasi," katanya.

Dijelaskan Zefrizal, pembatasan dana kampanye diberlakukan untuk pemerataan dan keseimbangan paslon yang bertanding di Pilkada.

"PKPU juga mengatur laporan tentang dana kampanye itu. Filosopinya kenapa dibatasi supaya ada pemerataan dan keseimbangan bagi calon yang bertanding," kata dia.

Pilkada Medan 2020 diikuti dua paslon, yakni pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman dan pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, PSI, Hanura, dan PPP, sedangkan pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi diusung PKS dan Partai Demokrat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US