Terjadi 3.488 Kali Sambaran Petir Melanda Langit di Sumut, Warga Diminta Tetap Waspada
Ilustrasi sambaran petir. / istimewa
News
Kab. Deli Serdang

Terjadi 3.488 Kali Sambaran Petir Melanda Langit di Sumut, Warga Diminta Tetap Waspada

Senin, 11 Januari 2021 17:26 WIB 11 Januari 2021, 17:26 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan rekaman peralatan Lightning Detector di Stasiun Geofisika Deliserdang, aktivitas petir selama pekan kedua Januari atau periode 4-10 Januari 2021 tercatat kejadian petir di Sumatera Utara sebanyak 3.488 sambaran.

Jumlah itu meningkat dari pekan sebelumnya yang 3.114 sambaran petir," kata Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang, Teguh Rahayu di Medan, Senin (11/1/2021) dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori rendah, sedang, dan tinggi. 

Dari hasil rekaman Lightning Detector, pada periode satu pekan ini, tidak ada daerah yang memiliki tingkat kategori sambaran petir tinggi. 

Sedangkan untuk daerah yang memiliki kategori sambaran petir sedang berada di daerah Deliserdang, Karo, Langkat, Medan, dan Serdang Bedagai.

Dominasi sebaran petir dengan kategori rendah berada di wilayah Asahan, Batubara, Binjai, Dairi, Gunungsitoli, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas.

Kemudian Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematang Siantar, Samosir, Sibolga, Simalungun, Tanjung Balai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tebing Tinggi, dan Toba Samosir.

Imbauan untuk masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat aktivitas petir sedang dan tinggi, untuk meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah, di atas gedung bertingkat, di dekat tower listrik atau antena, dan pepohonan yang tinggi. 

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, website stageof.deliserdang.bmkg.go.id, Telp./Whatsapp 0811-6041-720, Instagram @bmkg_deliserdang, dan email geofisikatuntungan@gmail,com," katanya.

Artikel menarik lainnya: 

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US