Wow, Ada Kapal Khusus Kumpulkan dan Membersihkan Sungai Kota di Padang
Wakil Wali Kota Padang, Sumbar Hendri Septa, Rabu (10/2/2021) menaiki kapal pengumpul sampah di Sungai Batang Arau, Padang. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Padang)
News
Nasional

Wow, Ada Kapal Khusus Kumpulkan dan Membersihkan Sungai Kota di Padang

Rabu, 10 Februari 2021 17:12 WIB 10 Februari 2021, 17:12 WIB

INDOZONE.ID - Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat kini memiliki kapal khusus pengumpul sampah yang dioperasikan untuk membersihkan sungai yang ada di kota itu.

"Di Padang ada lima sungai besar, keberadaan kapal pengumpul sampah yang merupakan bantuan CSR dari Bank Nagari dapat membantu pelestarian dan kebersihan sungai," kata Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Rabu (10/2/2021) dikutip dari Antara.

Menurut dia keberadaan kapal pengumpul sampah mendukung upaya menjaga kebersihan dan keindahan sungai-sungai di Kota Padang salah satunya Sungai Batang Arau.

Ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut berkontribusi mendukung pelestarian dan kebersihan sungai di Padang.

"Di antaranya Lantamal II Padang, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang, serta elemen terkait, beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) dan tokoh masyarakat setempat," katanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat khususnya di sekitaran pinggiran Sungai Batang Arau karena ikut berpartisipasi menjaga kebersihan.

"Sungai adalah sumber kehidupan, karena itu warga dilarang mencemari sungai, kalau sungai kotor, penuh dengan sampah dan limbah tentu tidak baik bagi kesehatan," katanya.

Pada kesempatan itu, selain meluncurkan kapal pengumpul sampah pihaknya juga melakukan pemasangan stiker yang bertuliskan "Kami Warga Peduli Sungai" dan larangan membuang sampah ke sungai.

"Stiker tersebut telah kita pasang ke rumah warga di bantaran Sungai Batang Arau, ini merupakan upaya mengedukasi dan mengajak semua masyarakat sekaligus memberikan contoh kepada generasi muda agar senantiasa menjaga sungai," katanya.

Pada sisi lain ia menceritakan untuk pengembangan Sungai Batang Arau Pemkot Padang mendapat dukungan ahli dari mancanegara yakni negara Jerman.

"Dalam waktu dekat akan datang ahli hidrologi yang akan mentransfer ilmunya dalam pengelolaan Sungai Batang Arau," katanya.

Hendri Septa berharap dengan bantuan tenaga ahli tersebut Sungai Batang Arau akan menjadi sungai yang ikon dan menjadi kawasan wisata sungai unggulan di Kota Padang.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon berharap kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan di sungai meningkat.

"Dengan sinergi semua pihak dalam mendukung pengelolaan sampah akan terwujud kesadaran masyarakat untuk peduli sungai," katanya.

Artikel menarik lainnya: 

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US