Menkes Budi Berharap Vaksinasi Covid-19 Selesai 12 Bulan: Vaksinasi Harus Cepat Dilakukan
Vaksin Covid-19. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
News
Nasional

Menkes Budi Berharap Vaksinasi Covid-19 Selesai 12 Bulan: Vaksinasi Harus Cepat Dilakukan

Sabtu, 30 Januari 2021 14:36 WIB 30 Januari 2021, 14:36 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap vaksinasi Covid-19 harus cepat dilakukan atau dapat selesai dalam 12 bulan.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk mengetahui berapa lama efektivitas kekebalan dari vaksin tersebut.

"Kenapa perlu cepat? Karena sampai sekarang kita belum tahu vaksin ini kekebalannya berapa lama bertahan. Karena memang belum ada yang selesai secara lengkap uji klinis tahap ketiganya," kata Budi seperti dilansir dari Antara.

Budi mengatakan dari beberapa jenis vaksin yang ada di Indonesia, mulai dari Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan Novavax, semuanya belum ada yang menyelesaikan 100 persen uji klinis tahap ketiga.

Karena keperluan yang mendesak maka seluruh negara di dunia harus mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA).

Budi juga menegaskan bahwa masih belum diketahui apakah vaksin Covid-19 dapat bertahan selama dua tahun seperti vaksin meningitis atau vaksin influenza yang bertahan sekitar 12 bulan.

"Kita secara konservatif mengambil waktu 12 bulan. Oleh sebabnya diharapkan dalam waktu 12 bulan bisa seluruh 70 persen dari rakyat Indonesia yang menjadi target, dengan usia di atas 18 tahun, bisa kita lakukan vaksinasi," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU