Pasokan Melimpah, Harga Cabai di Sumatera Utara Menurun Drastis, Rp30 Ribu per Kilogram
Ilustrasi petani cabai merah. (ANTARA FOTO/Rahmad)
News
Kota Medan

Pasokan Melimpah, Harga Cabai di Sumatera Utara Menurun Drastis, Rp30 Ribu per Kilogram

Senin, 25 Januari 2021 13:59 WIB 25 Januari 2021, 13:59 WIB

INDOZONE.ID - Pasokan cabai di Sumatera Utara (Sumut) melimpah ruah. Akibatnya, hal itu berpengaruh pada harga jual cabai yang menurun drastis.

Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan Benjamin mengatakan harga cabai merah di tingkat petani berkisar Rp20 ribu per kilogram. Sementara, harga cabai rawit berkisar Rp35 ribu per kilogram.

Dengan demikian, dia menyebut, harga cabai merah di tingkat pedagang berkisar Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga cabai rawit berkisar Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram.

Menurut dia, penurunan harga cabai itu dipengaruhi oleh pasokan cabai di sejumlah daerah yang melimpah. Misalnya saja di Kuta Buluh, Karo, di daerah itu memasok cabai hingga 5 ton per sekali panen.

Belum lagi dari daerah lainnya seperti Takengon, Aceh atau Sidikalang, Dairi, bahkan Indrapura yang juga memasok cabai ke kota Medan. Pasokan cabai yang melimpah itu yang memicu terjadinya penurunan harga cabai.

Meski demikian, kata dia, melimpahnya pasokan cabai di Sumut dapat memenuhi permintaan cabai di daerah itu dan bagus untuk pengendalian harga cabai di masa yang akan datang.

"Kita berharap cabai bisa kembali ke harga yang ideal. Dan laju tekanan inflasi bisa dikendalikan lebih baik dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya," ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US