Sempat Bersitegang, Komunitas Skateboard Labusel dan Satpol-PP Lakukan Mediasi
Insiden pengusiran komunitas skateboard Labusel oleh Satpol PP (Frans Harahap)
News
Kab. Labuhanbatu Selatan

Sempat Bersitegang, Komunitas Skateboard Labusel dan Satpol-PP Lakukan Mediasi

Jumat, 07 Agustus 2020 12:08 WIB 07 Agustus 2020, 12:08 WIB

INDOZONE.ID - Usai viral video yang memperlihatkan kericuhan antara komunitas skateboarders Labuhan Batu Selatan dengan Satpol PP, Senin (3/8/2020), pihak-pihak terkait melakukan mediasi.

Insiden tersebut terjadi di Gedung SBBK Labuhan Batu Selatan. Koordinator Skateboarders Labusel, Frans Atmidjaya Harahap yang dihubungi oleh Indozone, Jumat (7/8/2020), mengatakan bahwa mediasi telah dilakukan antara komunitas skateboarders dengan Satpol PP dan Kabag Umum Pemkab Labusel.

Mediasi dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2020 yang menghasilkan sejumlah kesepakatan.

  1. Kesepakatan kita bahwa pelataran/teras GEDUNG AULA SBBK boleh dan digunakan untuk bermain skate dengan catatan bersama-sama kita menjaga aset pemerintahan negara
  2. Pihak pengamanan satpol-pp tidak akan mengulangi tindakan represif terhadap skater
  3. Instansi satpol-pp siap melakukan permintaan kepada seluruh SKATEBOARDER LABUSEL
  4. Akan ada pembicaraan lanjutan bagaimana sikap PEMKAB LABUSEL untuk memfasilitasi ruang bermain SKATE

Setelah dilakukan mediasi ini, Frans mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam memperjuangkan masalah ini. Dia juga meminta maaf jika kericuhan tersebut sempat menimbulkan rasa tidak nyaman pada pihak lain.

"Terakhir kita berpesan akan mengharamkan apabila ada kelompok dan individu yang mengambil keuntungan dari peristiwa ini baik materi dan lain-lain." ujar Frans.

Dia berharap semoga ke depannya Pemkab Labusel lebih serius dalam menyediakan fasilitas olahraga untuk anak-anak muda Labusel.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FransAtmidjayaHrp (@fransatmidjayahrp) on

Sebelumnya diberitakan, sekelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas skateboard Labusel mengalami hal tidak menyenangkan.

Oleh Satpol PP setempat, mereka diusir dari pelataran Gedung SBBK Labusel yang selama ini sudah menjadi tempat latihan skateboard.

Koordinator Skateboarders Labusel, Frans Atmidjaya kepada Indozone mengatakan bahwa Satpol PP meminta komunitasnya untuk membubarkan diri dari pelataran Gedung SBBK Labusel karena dianggap telah mengganggu dan merusak fasilitas umum.

Karena merasa janggal, dia meminta kepada pihak terkait untuk menunjukkan surat edaran yang menyatakan adanya larangan bermain di Gedung SBBK. Namun, pihak Satpol PP sendiri tidak mampu menunjukkan surat edaran yang dimaksud.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by galerianaklabusel (@galerianaklabusel) on

Salah seorang anggota Satpol PP bernama Leonardo Silalahi yang berhasil dihubungi oleh Indozone, mengatakan Satpol PP tidak melarang anak muda bermain skateboard di gedung SBBK.

Satpol PP hanya melarang komunitas skateboard Labusel untuk bermain di teras SBBK. Mereka diizinkan untuk bermain di area bawah gedung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US