Berdalih Investasi, Menteri Luhut Binsar Keluarkan Visa Jangka Panjang untuk Investor
Luhut Binsar Pandjaitan. / istimewa
News
Nasional

Berdalih Investasi, Menteri Luhut Binsar Keluarkan Visa Jangka Panjang untuk Investor

Sabtu, 27 Maret 2021 14:31 WIB 27 Maret 2021, 14:31 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan long term visa (visa jangka panjang) yakni selama 5 tahun bagi wisatawan mancanegara (wisman) akan diimplementasikan segera.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pembicara kunci dalam Bali Investment Forum 2021 di Bali secara daring, Jumat (26/3/2021) kemarin.

Luhut mengatakan rencana pemerintah untuk memberikan long term visa yang memiliki masa waktu 5 tahun diyakini akan menarik investasi.

"Saat ini kita akan mengeluarkan 5 tahun visa ke Indonesia. Itu akan memberikan keyakinan ke investor yang akan investasi ke Indonesia sehingga mereka bisa bekerja dari Bali. Ini rincian yang kami sudah putuskan dan kami akan implementasikan ini segera. Saya rasa dalam bulan depan atau setelah bulan depan," katanya dikutip dari Antara.

Luhut menuturkan Bali merupakan salah satu destinasi yang sangat atraktif bagi investor asing. 

Dalam pembicaraannya secara virtual dengan rumah sakit asal AS, Johns Hopkins Hospital, Luhut juga mengarahkan mereka untuk bisa masuk ke Bali.

Lebih lanjut lagi, Luhut mengatakan peraturan menteri terkait rencana kebijakan tersebut tengah diselesaikan. 

Dia juga menambahkan long term visa nantinya akan diimplementasikan bagi wisman dari negara-negara tertentu.

Luhut memastikan, pemerintah juga melakukan benchmark dengan negara-negara sekitar dan negara maju terkait kebijakan tersebut.

"Sekarang Permen-nya sedang diselesaikan. Memang kita mau orang yang datang ke Indonesia, kenapa tiap datang ajukan visa, tapi tentu negara-negara yang kita anggap bisa dipercaya untuk melakukan ini. Sekarang akan segera keluar (aturannya) dan itu juga nanti akan mudahkan orang work from Bali, tidak perlu dia izin yang banyak-banyak lagi," imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US