Pasca Teguran Erick Thohir, Pertamina Minta SPBU di Sumut Gratiskan Penggunaan Toilet
Petugas kepolisian memantau aktivitas di SPBU Kota Sorong, Papua Barat (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)
News
Kota Medan

Pasca Teguran Erick Thohir, Pertamina Minta SPBU di Sumut Gratiskan Penggunaan Toilet

Kamis, 25 November 2021 09:24 WIB 25 November 2021, 09:24 WIB

INDOZONE.ID - Seluruh pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) diminta untuk menggratiskan layanan toilet. Hal itu menyusul viralnya video yang memperlihatkan Menteri BUMN, Erick Thohir meminta penggunaan toilet di SPBU tidak berbayar alias gratis.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman mengatakan saat ini seluruh pengelola SPBU di wilayah Sumut harus menggratiskan penggunaan toilet. 

"Kami berterima kasih atas masukan pak menteri dan  masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik. Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Jadi sudah seharusnya gratis," katanya kepada awak media, seperti yang dikutip Indozone, Kamis (25/11/2021). 

Selain gratis, PT Pertamina juga mengingatkan seluruh pengelola SPBU untuk memperhatikan kebersihan toilet agar masyarakat nyaman menggunakannya. 

"Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak hanya bbm namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan  dan kenyamanannya," ujarnya. 

Sebelumnya,  viral sebuah video yang berisikan pernyataan Menteri BUMN, Erick Thohir terkait penggunaan toilet di SPBU harus gratis. Hal itu disampaikannya usai ia menemukan adanya pungutan di salah satu SPBU Pertamina yang ia datangi. 

Di SPBU itu, Erick menemukan setiap pengguna jasa SPBU yang hendak menggunakan toilet ditarik pungutan antara Rp2.000-4.000. 

Padahal menurutnya toilet di SPBU adalah bagian dari fasilitas publik yang disediakan pengusaha SPBU, baik swasta maupun yang dikelola Pertamina. Fasilitas publik ini menjadi layanan terintegrasi dari bisnis BBM yang dijalani di SPBU tersebut.

"Saya minta tidak lagi ada pungutan toilet di SPBU Pertamina. Baik yang dikelola swasta ataupun yang langsung dikelola Pertamina," ucapnya. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US