Sampah Berserakan di Jalan, DPRD Medan Minta Kepala Lingkungan Aktif Lakukan Penanganan
Anggota DPRD Kota Medan, Edi Saputra (Istimewa)
News
Kota Medan

Sampah Berserakan di Jalan, DPRD Medan Minta Kepala Lingkungan Aktif Lakukan Penanganan

Sabtu, 04 Desember 2021 11:10 WIB 04 Desember 2021, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Anggota DPRD Kota Medan, Edi Saputra meminta para Kepala Lingkungan (kepling) memperhatikan dan mengatasi masalah sampah. Pasalnya ia melihat begitu banyak sampah yang berserakan di sepanjang jalan yang tersebar di wilayah Kota Medan.

"Kita sangat miris melihat sampah berserakan di sepanjang jalan. Tidak diwadahi, dan lambat diangkut. Kita sangat menyesalkan kinerja kepling," katanya, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Sabtu (4/12/2021).

Ia menjelaskan saat ini ada 2.001 Kepling di 151 kelurahan di wilayah Kota Medan. Namun ia mengklaim, mayoritas kepling tersebut belum menyadari tugasnya terkait penanganan sampah.

Padahal menurutnya, permasalahan sampah sudah diserahkan sepenuhnya ke pihak kecamatan melalui Peraturan Wali (Perwal) Kota Medan No.18/2021. Akan tetapi akibat kurangya pemahaman dan lemahnya pengawasan para Kepling abai terhadap tugasnya. 

"Seharusnya kepling memiliki peran bagaimana cara mengatasi sampah itu, sebelum diangkut ke TPA (tempat pembuangan akhir) agar lingkungannya bersih dan sehat," ujarnya. 


Apalagi ia menilai persoalan sampah saat ini masih menjadi masalah yang belum bisa teratasi. 

"Masalah sampah dengan kondisi berserak hingga kini masih ada, di antaranya Jalan Tangguk Bongkar X, Kelurahan Tegal Sari Mandala 2, Medan Denai," jelasnya.

Oleh sebab itu ia mengimbau agar para Kepling lebih cakap dalam bertugas. Jangan sampai hanya karena proses pengangkatan yang salah, kepling tidak amanah dengan tanggung jawabnya.

"Karena hubungan keluarga, dan terjadi nepotisme. Ini yang perlu dicermati oleh camat. Seharusnya pengangkatan kepling ini sesuai kemampuan dari kinerjanya," beber Edi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US