Presiden Jokowi Minta Harga Vaksin Covid-19 Lebih Terjangkau
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas)
News
Nasional

Presiden Jokowi Minta Harga Vaksin Covid-19 Lebih Terjangkau

Senin, 26 Oktober 2020 19:10 WIB 26 Oktober 2020, 19:10 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para menteri terkait untuk lebih mematangkan persiapan menjelang imunisasi Covid-19. Salah satunya persoalan harga vaksin Covid-19 yang sebisa mungkin lebih terjangkau.

"Ada beberapa hal yang ingin saya tekankan agar menjadi perhatian kita semua vaksinasi. Tidak hanya berkaitan dengan keselamatan jiwa manusia, tidak hanya urusan kesehatan, tapi juga menyangkut ekonomi. Sehingga ada beberapa hal untuk jadi perhatian," ucap Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas pada Senin (26/10).

Jokowi menegaskan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak, maka proses imunisasi Covid-19 akan dilakukan secara bertahap.

"Hal ini perlu dijelaskan secara jelas, gamblang ke masyarakat. Jelaskan siapa saja, kelompok masyarakat mana yang prioritas lebih awal. Kenapa mereka dulu, itu harus dijelaskan. Kenapa dapat prioritas," imbuh dia.

Selain itu, Jokowi meminta kepada pihak terkait agar menyiapkan skema untuk vaksin secara mandiri. Oleh karean itu, dia ingin harga vaksin Covid-19 lebih terjangkau agar masyarakat bisa melakukan vaksin mandiri.

"Karena ini ada gratis, ada yang mandiri bayar sendiri. Ini juga pengenaan biaya pelaksanaan vaksinasi mandiri harus dihitung kalkulasi dengan cermat. Disiapkan aturan sejak sekarang sejak awal. Saya minta harganya terjangkau," ucap dia.

Kemudian, Jokowi berharap pada pengadaan dan pelaksanaan imunisasi Covid-19 harus lebih mengedepankan keamanan dan efektivitas.

"Keamanan artinya kalau disuntik betul-betul melalui sebuah tahapan-tahapan uji klinis yang benar. Karena kalau tidak, ada 1 saja yang bermasalah nanti bisa akan menjadi bahan ketidakpercayaan masyarakat dengan upaya vaksinasi ini," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US