Wanita di Medan yang Sengaja Potong Jari Supaya Dapat Asuransi Divonis 7 Bulan Penjara
Ilustrasi palu pengadilan. (Pixabay)
News
Kota Medan

Wanita di Medan yang Sengaja Potong Jari Supaya Dapat Asuransi Divonis 7 Bulan Penjara

Selasa, 08 Desember 2020 16:31 WIB 08 Desember 2020, 16:31 WIB

INDOZONE.ID - Erdina Sihombing, wanita asal Medan ini dijatuhkan hukuman 7 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (8/12).

Dia dinyatakan bersalah telah melanggar Pasal 220 KUHP karena membuat pengaduan palsu terkait jari tangannya yang sengaja dipotong untuk mengklaim asuransi.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 7 bulan," demikian amar putusan hakim PN Medan.

Sebelumnya, jaksa dalam surat dakwaannya mengatakan kasus ini berawal pada 1 Mei 2020 lalu. Saat itu, Erdina sengaja memotong jari tangannya dengan sebilah parang. Aksi nekat itu dilakukannya di Jalan Mamiyai, Gang Senggol, Medan Area.

Setelah itu, Erdina meminta pertolongan orang lain agar dibawa ke rumah sakit. Setibanya di rumah sakit, Erdina mengatakan bahwa dirinya baru saja dibegal.

"Pada saat itu saksi M Yusuf yang merupakan Satpam Murni Teguh menanyakan kepada terdakwa perihal yang dialami terdakwa dan terdakwa mengatakan bahwa terdakwa mengalami rampok atau dibegal, padahal terdakwa mengetahui yang sebenarnya bahwa terdakwa tidak dirampok ataupun dibegal, namun terdakwa mengatakan kepada orang lain atau masyarakat bahwa terdakwa dirampok agar masyarakat dan orang-orang yang memberikan utang kepada terdakwa merasa kasihan dan iba kepada terdakwa dan orang yang memberikan utang kepada terdakwa dapat memberikan waktu untuk menagih utang kepada terdakwa," terang jaksa.

Kemudian, kepolisian melakukan penyelidikan. Berdasarkan hasil pemeriksaan CCTV, tidak ada aksi begal yang terjadi seperti yang diceritakan oleh Erdina. Lantas, kepolisian pun menangkap Erdina.

Selanjutnya, Erdina ditetapkan sebagai tersangka. Dia diduga sengaja memotong jarinya dan mengaku sebagai korban begal agar dapat mengklaim asuransi. Sebab, dirinya tengah terlilit hutang sebesar Rp70 juta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US