Mabes Polri Tegaskan Polisi Virtual Tak Akan Patroli Siber di WhatsApp
Ilustrasi Whatsapp. (photo/Unsplash/Christian Wiediger/ilustrasi)
News
Nasional

Mabes Polri Tegaskan Polisi Virtual Tak Akan Patroli Siber di WhatsApp

Rabu, 17 Maret 2021 19:35 WIB 17 Maret 2021, 19:35 WIB

INDOZONE.ID - Polri menegaskan tim virtual police atau polisi virtual tidak akan melakukan patroli siber terhadap konten yang berada di aplikasi perpesanan WhatsApp.

 Sebab, konten yang berada WhatsApp dinilai bersifat privasi.

"Perlu dipahami platform media WhatsApp atau WA merupakan area privat atau ranah pribadi dan Virtual Police tidak masuk ke ranah tersebut. Saya ulangi, polisi tidak masuk," kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Meski begitu, Ramadhan menyebut pihaknya tetap bisa memproses kasus-kasus di WhatsApp, asalkan ada laporan dari masyarakat.

"Virtual Police hanya melakukan teguran setelah menerima laporan pengaduan dari masyarakat. Misalnya di grup WA ada ujaran kebencian atau postingan kemudian salah satu anggota grup melakukan screenshot kemudian melaporkan kepada polisi," kata Ramadhan.

Baca juga: Prabowo Serahterimakan Kapal Selam KRI Alugoro-405, Buatan Dalam Negeri

"Bisa laporan melalui Virtual Police ataupun laporan langsung kepada kantor polisi terdekat tentunya. Laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Polri," sambungnya.

Lebih jauh Ramadhan menyebut ke depan tidak ada lagi anggapan jika Virtual Police akan menyasar ke percakapan WhatsApp. Polri ditegaskannya menghargai privasi dari masyarakat.

"Setelah saya sampaikan ini jangan sampai ada anggapan bahwa WA grup merupakan tujuan dari patroli siber atau Virtual Police," pungkas Ramadhan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US