Pandemi Berlanjut, Ekonomi Sumatera Utara Diprediksi Masih Turun Pada Triwulan I 2021
Jalan Balai Kota, Medan. (Google Maps)
News
Kota Medan

Pandemi Berlanjut, Ekonomi Sumatera Utara Diprediksi Masih Turun Pada Triwulan I 2021

Selasa, 26 Januari 2021 11:05 WIB 26 Januari 2021, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Ekonomi Sumatera Utara (Sumut) diprediksi masih menurun sekitar 1 hingga 2 persen pada triwulan I 2021 akibat berlanjutnya pandemi Covid-19. Prediksi itu disampaikan oleh pengamat ekonomi Sumut, Wahyu Ario Promo.

"Pertumbuhan ekonomi yang melemah pada triwulan I sudah terlihat di Januari," ujar Wahyu seperti dilansir dari Antara, Selasa (26/1).

Menurut dia, ekonomi Sumut bahkan berjalan lebih lambat dibandingkan bulan Desember. Melambatnya ekonomi pada Januari itu akibat masih belum berjalannya berbagai kegiatan/proyek pemerintah mau pun swasta.

Kegiatan swasta, misalnya, masih dalam tahap perencanaan, termasuk pemerintah.

"Belanja swasta dan pemerintah masih hanya belanja rutin saja sehingga belum menggerakkan perekonomian Sumut," kata dia.

Ekonomi yang melemah di Januari 2021 juga akibat Pemprov Sumut kembali memutuskan untuk memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan peningkatan jumlah warga yang terpapar Covid-19.

"Walau pun pembatasan kegiatan tidak seketat Jawa dan Bali, namun sektor pariwisata seperti transportasi, hotel dan restoran terganggu kembali, " katanya.

Wahyu memprediksi ekonomi Sumut baru bisa mencapai positip di triwulan II 2021.

Perekonomian yang membaik itu pun tergantung juga dengan seberapa besar kesuksesan program vaksinasi yang sudah dimulai 14 Januari.

Dia menegaskan, kalau triwulan II, perekonomian Sumut sudah bisa membaik, maka perekonomian Sumut sepanjang tahun 2021 bisa lebih baik atau di kisaran 3 - 4 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU