Limbah Pabrik Dibuang ke Sungai, Warga Tanjung Balai Protes
Warga Kelurahan Perjuangan, Teluk Nibung, Tanjung Balai melakukan aksi protes terhadap pabrik yang membuang limbahnya ke sungai. (Antara)
News
Kota Tanjung Balai

Limbah Pabrik Dibuang ke Sungai, Warga Tanjung Balai Protes

Rabu, 15 Juli 2020 11:29 WIB 15 Juli 2020, 11:29 WIB

INDOZONE.ID - Warga Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Tanjung Balai melakukan aksi protes pada Selasa, (14/7), terhadap PT Halindo Berjaya Mandiri yang membuang limbahnya ke sungai. Aksi protes dilakukan dengan pemasangan spanduk di atas kain putih dengan cat merah yang berisi kalimat penolakan penanaman pipa pembuangan limbah.

Spanduk tersebut bertuliskan "Kami masyarakat perjuangan menolak penanaman pipa PT Halindo untuk mengalirkan limbah ke sungai kami!!!". Spanduk itu terpajang di antara tiang listrik di Jalan Burhanuddin yang tidak jauh dari PT Halindo.

Seorang warga, Juheri kepada Antara mengatakan bahwa spanduk itu merupakan bentuk protes yang disampaikan untuk ke sekian kalinya terkait keberatan dan keresahan warga terhadap limbah PT Halindo yang dinilai mencemari lingkungan.

Menurut dia, penanaman pipa pembuangan limbah tersebut sangat meresahkan warga karena arah pipanya langsung ke sungai dan dapat dipastikan limbah cair perusahaan yang salah satunya di bidang pengolahan hasil perikanan.

"Berulang kali warga protes baik melalui demo maupun membuat pengaduan ke polisi, namun pengusaha Halindo jalan terus seakan-akan mereka kebal hukum," kata Juheri.

Kuasa hukum masyarakat, Ridho Damanik mengatakan bahwa PT Halindo belum memiliki dokumen Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebagaimana diungkapkan kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjung Balai dalam pertemuan mediasi yang difasilitasi Polres Tanjung Balai beberapa hari lalu.

Menurut dia, penanaman pipa sebagai sarana pembuangan limbah ke sungai merupakan perbuatan melawan hukum yang dilakukan secara terang-terangan.

"Mediasi belum menemukan titik terang, artinya masyarakat masih keberatan dan menolak penanaman pipa sara pembuangan limbah ke sungai. Ironis pengusaha PT Halindo tetap melakukannya seolah-olah kebal hukum," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US