Gubsu Edy Ingin Atlet Tionghoa Turun di PON: di China Bisa Juara Satu, di Sumut Makan Aja?
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. (Instagram/humassumut)
News
Kota Medan

Gubsu Edy Ingin Atlet Tionghoa Turun di PON: di China Bisa Juara Satu, di Sumut Makan Aja?

Senin, 14 Desember 2020 19:04 WIB 14 Desember 2020, 19:04 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi ingin pembinaan atlet di Sumut semakin dimaksimalkan menjelang PON 2024. Terlebih lagi, Edy ingin atlet berdarah Tionghoa dapat mewakili Sumut dan mendulang emas di ajang PON.

Hal itu diutarakan Edy saat menghadiri pertemuan pengurus Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) se Sumut di Hotel Grand Mercure, Medan, Senin (14/12).

Awalnya, Edy berbicara bahwa dia ingin semua cabang olahraga yang dimainkan di Sumut pada PON 2024 mendatang harus dimenangkan oleh tuan rumah.

"Saya mau 2024 main di sini, semua cabang yang main di Sumatera Utara ini harus kita ambil," ujar dia.

Edy pun meminta para atlet Sumut bisa mengambil contoh bagaimana dirinya dipersiapkan untuk ikut perang di Timor Timur.

"Saya disiapkan untuk perang di Timor, disiapkannya 4 tahun. Berlatih, berkelahi. Selesai, '85 berangkat ke Timor. Sama sekarang ini, 4 tahun kita kerjakan," kata dia.

Kemudian, Edy mengatakan bahwa pembinaan atlet di Sumut harus dimulai dari usia muda, yakni rentang usia 18-17 tahun.

"Jika dia usia maksimal berkualifikasi, dia rata-rata 22 sampai 24 (tahun), usia maksimal 22-24. Kalau gitu harus disiapkan diantara itu, usia 18-17," ujar dia.

Untuk itu, Edy meminta kepada KONI agar dapat mendatangi rumah hingga sekolah-sekolah, bahkan sekolah Tionghoa sekalipun untuk mencari bibit-bibit atlet.

"Datangi rumah-rumah, sekolah Tionghoa itu. Olahraga apa yang orang itu buat, ada renang. Itu orang Tionghoa di China sana juara satu, orang Tionghoa di Sumatera Utara makan aja. Mana ini? Nggak ada niat juara. Ini yang saya ingin ngomong," terang dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU