Air Sungai Wampu Berwarna Pekat, Warga Khawatir jadikan Sungai Sebagai Sumber Air Bersih
Limbah berbahaya diduga mencemari sungai Wampu mengakibatkan habitat ikan dan udang musnah.(FOTO ANTARA/HO).
News
Kab. Langkat

Air Sungai Wampu Berwarna Pekat, Warga Khawatir jadikan Sungai Sebagai Sumber Air Bersih

Senin, 22 Februari 2021 16:42 WIB 22 Februari 2021, 16:42 WIB

INDOZONE.ID - Sungai Wampu yang melintasi Kabupaten Langkat dan Kabupaten Tanah Karo diduga telah tercemar limbah, menyebabkan habitat ikan dan udang yang ada di sungai itu pada mengapung ke permukaan.

Warga setempat, Hasan Basri, Senin (22/2/2021) menyebutkan air Sungai Wampu berwarna pekat dan berlumpur serta berbau seperti belerang.

Menurutnya, dengan tercemarnya air sungai mengakibatkan puluhan ton ikan dan udang harus mabuk dan mati. Dia berharap pemerintah setempat bisa segera mencari tahu penyebab tercemarnya air sungai.

Akibatnya, warga setempat ragu menggunakan sumber air bersih dari Sungai Wampu yang telah tercemar. Mulai dari mandi, mencuri dan buang air serta mengkonsumsi airnya.

"Kita pertanyakan, apakah ini adalah dampak dari faktor alam atau bukan. Mengapa ikan, udang dan lainnya masih bisa dikonsumsi atau tidak, apakah beracun dan berbahaya atau tidak," katanya dikutip dari Antara.

"Akibat yang ditimbulkannya luar biasa, puluhan ton habitat yang menghuni sungai Wampu tersebut punah, rezeki bagi warga, tapi musibah bagi yang ada di dalamnya, perlu waktu yang lama untuk bisa pulih kembali, nampaknya belum ada juga tindakan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US