Jelang Nataru, Kapolda Sumut Imbau Masyarakat Agar Tak Mudik
Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama Forkopimda Sumut (Instagram/Poldasumaterautara)
News
Kota Medan

Jelang Nataru, Kapolda Sumut Imbau Masyarakat Agar Tak Mudik

Rabu, 01 Desember 2021 09:45 WIB 01 Desember 2021, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru), Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama Forkopimda Sumut. Dalam rapat yang digelar pada Selasa (30/11/) sore itu, Kapolda Sumut meminta masyarakat untuk tidak mudik.

"Kegiatan mudik kalau tak penting ditunda. Kita imbau ini kepada masyarakat untuk kesehatan kita bersama," kata Irjen Panca Putra, seperti yang dikutip Indozone dari akun Instagram Poldasumaterautara, Rabu (1/12/2021).

Ia menuturkan jajaran Polda Sumut dalam hal ini sangat siap mengamankan perayaan Natal dan tahun baru melalui Operasi Lilin 2021.

"Dari hasil Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Provinsi Sumut menghadapi Nataru dan Operasi Lilin 2021, kita siap dalam menghadapi pengamanan Nataru," tuturnya.  

Ia menjelaskan operasi tersebut akan dimulai dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Kita lakukan berbagai cara dengan mendirikan Pos Pengamanan dan Cek Poin untuk memastikan masyarakat yang melakukan perjalanan dalam keadaan sehat," sambungnya. 

Selain itu, untuk menyukseskan pengamanan Nataru, ia juga membeberkan sejumlah langkah strategis dan kerjasama lintas sektoral yang akan diambil Polda Sumut. Langkah-langkah itu, salah satunya dengan memaksimalkan vaksinasi dan memupuk kesadaran warga.

"Yang paling utama adalah kesadaran masyarakat itu poin penting kita harus bersama-sama sepakat ancaman saat ini adalah pandemi COVID lebih baik kita di rumah meminimalisir kegiatan yang tidak penting kita lewati dan merayakan natal dan tahun baru dalam situasi yang lebih kondusif di rumah masing-masing," ucapnya. 

Ia menyebut dalam hal ini sejumlah personel yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, tim SAR, Bina Marga, PUPR sekaligus BMKG akan disebar di 33 kabupaten-kota di Sumut untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan humanis. 

"Dan yang kedua memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat agar Nataru harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana," ujarnya. 

Untuk diketahui, ada sekitar 177.212 personel gabungan yang bakal dilibatkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru. Kemudian ada pula 3.159 pospam dan ada 1.113 posyan yang disiagakan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah yang memimpin rapat yang dilaksanakan di Mapolda Sumut itu meminta seluruh masyarakat untuk dapat bekerja sama agar Nataru kali ini tidak menimbulkan gelombang baru COVID-19;. 

"Kita semua sepakat bahwa pada Nataru tahun ini kita tidak mau ada gelombang baru penyebaran Covid-19. Maka kita mohon kepada seluruh masyarakat untuk tetap di rumah, merayakan Natal dan Tahun Baru 2022 dengan bijak. Kalaupun mendesak harus melakukan perjalanan, silahkan siapkan semua syarat yang telah ditetapkan," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US