Masih Ingat Kasus Pelecehan Lagu Aisyah? Kini Youtuber Medan Ini Dituntut 7 Bulan Penjara
Persidangan kasus penistaan agama yang dilakukan Aleh. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Masih Ingat Kasus Pelecehan Lagu Aisyah? Kini Youtuber Medan Ini Dituntut 7 Bulan Penjara

Jumat, 02 Oktober 2020 16:05 WIB 02 Oktober 2020, 16:05 WIB

INDOZONE.ID - Seorang Youtuber asal Medan bernama Rahmat Hidayat alias Aleh-aleh menjadi kontroversial di media sosial setelah memparodikan sebuah lagu religi berjudul Aisyah. Dari situ, dia kemudian dilaporkan karena dianggap telah menistakan agama dan melanggar UU ITE.

Seperti diketahui, dalam konten video yang dibuatnya, Aleh berpura-pura kesurupan dengan hanya mengenakan celana dalam saat memparodikan lagu Aisyah.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yarma Sari SH di Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Kamis (1/10) melayangkan tuntutan hukuman pidana penjara selama 7 bulan kepada terdakwa Aleh.

"Oleh karenanya meminta kepada majelis hakim agar menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Rahmat Hidayat alias Aleh dengan pidana penjara selama 7 bulan," kata dia di hadapan ketua majelis hakim, Hendra Sutardodo.

Dalam nota tuntutannya, JPU menyatakan bahwa terdakwa Aleh telah  melanggar Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kemudian, hal-hal yang memberatkan terdakwa adalah karena atas perbuatannya itu dia telah meresahkan umat Islam. Sedangkan hal-hal yang meringankan, terdakwa mengakui perbuatannya dan bersikap sopan selama mengikuti persidangan.

"(Terdakwa) Juga telah meminta maaf kepada umat Islam," ujar JPU Yarma.

Setelah nota tuntutan JPU dibacakan, majelis hakim memutuskan untuk melanjutkan persidangan pada Senin (5/10) dengan agenda pembacaan nota pembelaan (pledoi) oleh terdakwa Aleh.

Unggahan Aleh di akun Youtubenya telah meresahkan umat Islam. Sebab, lagu yang diparodikan Aleh, yakni lagu yang menceritakan sifat dan kebaikan istri Nabi Muhammad SAW yang bernama Siti Aisyah dianggap telah dilecehkan.

Aleh kemudian dilaporkan ke kepolisian dan dikenakan pasal penistaan agama serta UU ITE.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU