Akhyar Mau Bikin Flying Garden Untuk Cegah Banjir Medan, Mantu Presiden Mengaku Heran
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Medan nomor urut 2, Bobby Nasution-Aulia Rachman. (ANTARA FOTO/Adiva Niki)
News
Kota Medan

Akhyar Mau Bikin Flying Garden Untuk Cegah Banjir Medan, Mantu Presiden Mengaku Heran

Minggu, 22 November 2020 13:52 WIB 22 November 2020, 13:52 WIB

INDOZONE.ID - Calon wali kota (Cawalkot) Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution ingin membuat flying garden, sebuah konsep taman di atas gedung yang dinilai dapat mencegah terjadinya banjir di Kota Medan.

Namun, Cawalkot nomor urut 2, Bobby Nasution mengaku heran dan bingung dengan konsep flying garden tersebut.

"Bagaimana tadi disampaikan flying garden, tanaman rooftop itu bisa mencegah banjir. Mungkin uda (paman) bisa menjelaskan sedikit tanaman di rooftop bisa mencegah banjir, kalau mungkin polusi saya setuju," kata Bobby saat debat kandidat kedua Pilkada Medan, Sabtu (21/11).

Kemudian, Akhyar pun menjawab kebingungan sang mantu Presiden itu. Dia bilang, bahwa taman yang berada di atas gedung itu bertujuan untuk menahan air agar tidak langsung turun ke parit.

"Jadi penjelasannya, nanti di atas gedung-gedung kita naikkan tanah menjadi taman. Nanti ketika hujan itu tanah dia menahan air untuk tidak segera turun ke parit," jelas Akhyar.

Jadi, kata Akhyar, dengan menahan air hujan turun langsung, maka bisa mencegah air parit yang meluber, sehingga banjir bisa dicegah.

"Karena kuncinya bisa menahan air, menjadi penahan air tidak bersamaan masuk ke parit. Sehingga volume air kita bisa menahan. Jadi air di parit bisa mengalir baru 1-2 jam air yang tertahan di rooftop garden baru dia turun sehingga tidak meluap menjadi banjir," terang Akhyar.

Bobby pun masih merasa heran dengan penjelasan tersebut. Lantas, dia pun menekankan bahwa konsep taman di atas gedung sebenarnya baik untuk mengatasi polisi udara ketimbang banjir.

"Biopori lebih masif dilakukan. Kalau rooftop tadi untuk polusi bukan banjir," tegas Bobby.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US