Sejak Kamis Pagi, Gunung Sinabung Erupsi Sebanyak 3 Kali
Pengendara melintas di Jalan Karo-Langkat dengan latar belakang Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik di Desa Kutarayat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Kamis (13/8). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting)
News
Kota Medan

Sejak Kamis Pagi, Gunung Sinabung Erupsi Sebanyak 3 Kali

Kamis, 13 Agustus 2020 13:33 WIB 13 Agustus 2020, 13:33 WIB

INDOZONE.ID - PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung mencatat adanya tiga kali erupsi yang terjadi di Gunung Sinabung sejak Kamis (13/8) pagi. Tinggi kolom abu teramati mencapai 1.000 hingga 2.000 meter.

PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung dalam rilisnya, Kamis (13/8), menerangkan bahwa visual gunung terlihat jelas hingga kabut 0-II dengan asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati putih dan kelabu tebal tinggi 100-200 meter dari puncak kawah, dengan disertai letusan sebanyak tiga kali dan amplitudo 15-20 mm, durasi 416-1035 detik.

Selain itu, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung mencatat adanya gempa tremor yang berlangsung secara terus menerus yang terekam dengan amplitudo 0,5-9 mm.

gunung sinabung erupsi kembali
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Karo-Langkat dengan latar belakang Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik di Desa Kutarayat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Kamis (13/8). (ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting).

Untuk saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III atau sama dengan Siaga dengan rekomendasi masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Selain itu, masyarakat dan wisatawan juga diminta menjauh dari lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, maka masyarakat diminta untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan akibat abu vulkanik. Lalu, masyarakat disarankan untuk mengamankan pasokan air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak roboh.

Masyakarat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta untuk waspada terhadap bahaya lahar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US