Kerap Jadi Lokasi Kecelakaan, Kini Jalan Ayahanda Medan Dipasang Palang Pintu Kereta Api
Pemasangan palang kereta api di Jalan Ayahanda Medan (Intagram/Bobbynst)
News
Kota Medan

Kerap Jadi Lokasi Kecelakaan, Kini Jalan Ayahanda Medan Dipasang Palang Pintu Kereta Api

Sabtu, 18 September 2021 12:25 WIB 18 September 2021, 12:25 WIB

INDOZONE.ID - Untuk meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi di rel kereta api yang ada di Jalan Ayahanda Medan, Pemko Medan telah berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan, PT KAI, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara dan RS Royal Prima untuk melakukan pengadaan palang pintu kereta api.

Peresmian perlintasan yang kini dilengkapi dengan palang itu dilakukan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Jumat (17/9) sore, yang ditandai dengan membunyikan sirene tanda lewat kereta sekaligus menekan tombol penutupan palang.

Sebelumnya lokasi sekitar rel kereta api tersebut sering menjadi TKP kecelakaan yang memakan korban jiwa dan hanya bisa dilalui sepeda motor.

Pemasangan palang kereta api dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang melintas serta meminimalisir terjadinya kecelakaan. Palang pintu ini telah dilengkapi dengan sirine sebagai tanda kereta api akan melintas dan sudah bisa dilewati mobil. 

"Fungsi utama pintu perlintasan ini untuk keselamatan, untuk memberitahu pengguna jalan bahwa kereta api akan melintasi jalan ini," ucap Bobby yang dikutip Indozone di laman resmi Pemko Medan Sabtu (18/9/2021).

Sebelumnya, ia menerangkan perlintasan ini tidak mempunyai palang, hanya dipacak besi di tengah jalan. Memang mobil tidak bisa lewat, tetapi sepeda motor masih bisa lewat. 

"Sekarang sudah ada sirene bb tanda lewat kereta dan palangnya," ucapnya.

Selain untuk keselamatan, perlintasan ini juga sekaligus membuka akses jalan bagi mobil.

"Di sekitar jalan ini ada rumah sakit. Ambulans yang membawa pasien tidak bisa lewat sini. Sampai sini mentok, harus memutar mencari jalan lain," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Iswar pun mengakui sebelumnya perlintasan kereta di Jalan Ayahanda ini ditutup secara manual. 

"Sekarang kita buat pintu perlintasan resmi. Perlengkapan, peralatan, dan segala macam, termasuk petugas pos jaga resmi dari Dinas Perhubungan Medan," katanya. 


Artikel Menarik Lainnya:

Tukang Kukur Kelapa Ditunjuk Bobby Jadi Dirut PD Pasar, Ini Hal Pertama yang Dilakukannya
Lanjutkan Amanah Almarhum Ayah, Ijeck Resmikan Masjid Al Musannif di Sergai
Menanti Janji Renovasi Rumah, Korban Prampokan Toko Emas Cemas

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US