Ini Penjelasan Dokter Medan Zoo tentang Harimau Sumatera yang Viral
Harimau Sumatera Medan Zoo (foto/istimewa)
News
Kota Medan

Ini Penjelasan Dokter Medan Zoo tentang Harimau Sumatera yang Viral

Jumat, 24 September 2021 16:18 WIB 24 September 2021, 16:18 WIB

INDOZONE.ID - Beredar luas sebuah video yang memperlihatkan seekor Harimau Sumatera di Medan Zoo, tampak memprihatikan di media sosial. Pasalnya kondisinya tampak kurus kering hingga memakan rumput. 

Namun kabar harimau tersebut hingga viral di medsos, dijawab oleh Dokter Hewan Medan Zoo, dr Yona. Ia mengatakan saat ini harimau Sumatera yang berada di kebun binatang Simalingkar sedang sakit. 

Ia juga menuturkan, bahwasanya harimau yang memiliki nama Baringin tersebut sudah sakit selama beberapa bulan. Namun saat ini masih sedang dalam pengobatan.

"Kondisinya sedang sakit sejak bulan Juni," kata Dokter Hewan Medan Zoo, dr Yona, Jumat (24/9/2021).

Disampaikannya, Baringin mengalami diare dan muntah selama beberapa pekan sehingga ia mengalami penurunan nafsu makan. Maka, hal itu yang membuat hewan itu mengalami penyusutan berat badan.

"Sejak sakit itu dia mengalami diare muntah, sudah tidak menunjukkan gejala. Seminggu itu bisa dua kali,"ucapnya.

Sampai saat ini, ia katakan, dirinya masih terus merawat hewan kelahiran tahun 2011 itu dengan pemberian vitamin dan antibiotik. Ia jelasakan, pemeberian itu dilakukan selama setiap hari dengan mencampurkannya ke makanannya.

"Selanjutnya hanya pemberian vitamin. Biasanya masukan lewat pakan,"tuturnya.

Disinggung harimau tersebut makan rumput, ia jelaskan kalau harimau dan jenis kucing lainnya memang kerap memakan rumput untuk membantu mengeluarkan bulu yang sempat tertelan. Apalagi, harimau sering menjilati bulunya.Hal itu disebut normal, apalagi memakan rumput termasuk membantu sistem pencernaan hewan tersebut.

"Kalau makan rumput ada kebutuhan makan rumput untuk membantu sistem pencernaan. Rumput untuk mengikat bulu supaya bisa dikeluarkan," katanya.
 

Artikel Menarik Lainnya:


 

Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU