Berstatus Zona Merah, 1.500 Dosis Vaksin Disuntikkan ke Warga Medan Johor
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi meninjau langsung vaksinasi massal di Kecamatan Medan Johor (Instagram/Edy_Rahmayadi)
News
Kota Medan

Berstatus Zona Merah, 1.500 Dosis Vaksin Disuntikkan ke Warga Medan Johor

Kamis, 19 Agustus 2021 10:59 WIB 19 Agustus 2021, 10:59 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 1.500 dosis vaksin tahap pertama disiapkan bagi masyarakat Medan Johor sekitarnya. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya kecamatan tersebut berstatus zona merah penyebaran COVID-19.

Data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Sumut mencatat dari sampel 10 orang yang dilakukan tracing Polymerase Chain Reaction (PCR) , sebanyak 7 di antaranya terkonfirmasi positif. Maka untuk mempercepat target Herd Immunity (Kekebalan Kelompok), Medan Johor menjadi prioritas vaksinasi massal.

Pelaksanaan vaksinasi massal kali ini, dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) di Sekolah Yayasan Almanar, Jalan Karya Bakti, Medan Johor, pada Rabu (18/8/2021).

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi meninjau langsung vaksinasi massal yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut. Edy mengatakan target pemerintah pusat 70% masyarakat harus sudah vaksin dari jumlah penduduk Sumut sekitar 15 juta orang. Diketahui saat ini masih 1,4 juta penduduk Sumut yang sudah divaksin.

Kepada masyarakat, Gubsu turut mengingatkan bahwa vaksin ini adalah langkah kedua dalam pencegahan untuk terinfeksi dan perlindungan dari COVID-19 . Namun yang utama adalah mematuhi protokol Kesehatan (prokes), memakai masker dan menjaga jarak.

Sementara itu, Camat Medan Johor Zul Fahri Ahmadi sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal oleh Pemprov Sumut di daerahnya. Apalagi, Gubernur Sumut turun langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Dia menjelaskan, untuk vaksinasi massal tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan mengimbau masyarakat melalui rumah ibadah dan sebagainya. Sedangkan untuk vaksin kedua nantinya, ditargetkan di seluruh Puskesmas di Medan Johor, akan disediakan sebanyak 200 dosis.

Meski diguyur hujan, terlihat antusias dan kesadaran masyarakat yang mengikuti vaksin tersebut cukup positif. BPBD Sumut pun mengatur mekanisme proses dari pendaftaran dan ruang pemeriksaan secara tertib, agar kerumunan dan penumpukan tidak terjadi.


Artikel Menarik Lainnya:

Ingin Maksimal Tangani COVID-19, Walkot Bobby Pindah Kantor ke Kecamatan Zona Merah
BULOG Sumut Telah Salurkan 49,59 Persen Bantuan Beras PPKM Tahap II
Ratusan Rumah di Nias Terendam Banjir, 500 Kepala Keluarga Mengungsi
 

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US