Inilah Fakta Seputar Foto Kemunculan Harimau Sumatera yang Viral
photo/Istimewa
News
Kota Medan

Inilah Fakta Seputar Foto Kemunculan Harimau Sumatera yang Viral

Rabu, 06 Mei 2020 17:00 WIB 06 Mei 2020, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, beredar di media sosial foto-foto yang menunjukkan kemunculan sosok Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) di sebuah kawasan di Sumatera Utara.

Dalam keterangan foto tertulis, "“Akibat perambahan hutan dalam Jahe Desa Kutarakyat, Kecamatan Naman Teran, harimau sudah keluar karena sarangnya sudah diganggu pencuri kayu”.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wil V Bahorok BBTNGL, Palber Turnip mengatakan, kemungkinan keterangan foto tersebut salah tulis.

Ia mengatakan, foto tersebut adalah hasil camera trap milik tim yang mengatasi kasus harimau memangsa ternak sapi milik warga di Desa Tanjung Naman, Kecamatan Bahorok, Langkat beberapa hari lalu.

“Harimau itu memang muncul tanggal 1 Mei. Jadi kemunculannya di lokasi memangsa sapi, dan 2 titik lainnya, jadi ada 3 titik,” katanya pada wartawan, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya lokasi kemunculan harimau dalam foto tersebut adalah di kawasan berhutan yang diklaim sebagai perkebunan warga tepatnya di bawah kaki bukit kapur yang terjal.

Ia menyebut, lokasi itu masih di Desa Tanjung Naman (sudah dipasang camera trap) bukan di Naman Teran (Kabupaten Karo) karena kedua daerah tersebut berjauhan.

Sementara itu, BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi mengatakan, foto kemunculan harimau tersebut benar dan sudah melihatnya setelah harimau itu memangsa sapi milik warga Langkat.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU