Wagubsu Ijeck Targetkan Pembangunan Bendungan Lau Simeme Selesai 2022 Mendatang
Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah meninjau perkembangan pembangunan Bendungan Lau Simeme. (Antara)
News
Kota Medan

Wagubsu Ijeck Targetkan Pembangunan Bendungan Lau Simeme Selesai 2022 Mendatang

Kamis, 17 Juni 2021 10:03 WIB 17 Juni 2021, 10:03 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah berharap pembangunan Bendungan Lau Simeme di Deli Serdang selesai pada awal 2022 mendatang.

"Memang ada keterlambatan dalam memulai pembangunan bendungan Lau Simeme itu akibat masalah pembebasan lahan. Namun diharapkan, proyek itu tetap bisa selesai sesuai jadwal awal yakni di tahun 2022," ujar pria yang akrab disapa Ijeck itu dilansir dari Antara, Kamis (17/6).

Ijeck mengatakan embebasan lahan di lokasi proyek sudah berkisar 60 persen.

"Bendungan Lau Simeme di Desa Kuala Dekah Lau, Kecamatan Sibiru Biru, Kabupaten Deliserdang itu untuk pembangkit listrik, sumber tambahan air bersih dan termasuk untuk alternatif mengatasi banjir di Kota Medan," ujar dia.

Bendungan Lau Simeme merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang yang diakibatkan besarnya debit air Sungai Percut dan Sungai Deli.

Bendungan itu diperhitungkan mampu menyediakan air baku sebesar 3.000 liter/detik.

Kepala BWS Sumatera II, Maman Noprayamin mengatakan, progres pembangunan Bendungan Lau Simeme telah mencapai 40 persen dengan pembangunan fisik sudah dilakukan sejak tahun 2018.

Pembangunan, katanya, dilaksanakan dengan dua paket yakni paket I senilai Rp806, 871 miliar yang dikerjakan PT Wijaya Karya (Wika), dan paket II bernilai Rp581, 047 miliar dengan pelaksana PT Pembangunan Perumahan.

Mengenai permasalahan lahan, ujarnya, untuk wilayah batas hutan itu diselesaikan dengan mengikuti perubahan tapal batas hutan, dan secara administratif akan dilakukan pelepasan pada tahun 2021 ini juga.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US