Penentuan Awal Ramadan, BMKG Medan Akan Pantau Hilal di Sorkam Tapteng
Ilustrasi pemantauan hilal. (ANTARA FOTO)
News
Kota Medan

Penentuan Awal Ramadan, BMKG Medan Akan Pantau Hilal di Sorkam Tapteng

Senin, 12 April 2021 09:14 WIB 12 April 2021, 09:14 WIB

INDOZONE.ID - BMKG Medan akan melakukan pemantauan hilal untuk penentuan awal Ramadan 1442 H di Sorkam, Tapanuli Tengah, Senin (12/4) petang.

Untuk diketahui, hilal merupakan bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.

"Jadi hari Senin (12/4) sore atau Maghrib nanti kita ada pengamatan hilal di Pantai Binasi, Tapanuli Tengah," kata analisis Geofisika BMKG Medan, Chichi Nurhafiza melansir Antara, Senin (12/4).

Chichi menjelaskan berdasarkan perhitungan, ketinggian hilal atau bulan ketika matahari terbenam di Wilayah Tapanuli Tengah pada Senin (12/4) sekitar 3 derajat 31 menit 47 detik.

Sedangkan di wilayah Kota Medan, ketinggian hilal di hari yang sama diperkirakan mencapai 3 derajat 31 menit 50 detik.

"Derajatnya itu, cuma sedikit aja selisihnya. Tapi pastinya besok," kata dia.

Pengamatan hilal merupakan penentu setiap awal bulan tahun hijriah. BMKG sendiri selalu memanfaatkan teleskop atau teropong terkomputerisasi dipadukan dengan teknologi informasi untuk pemantauan hilal.

"Tapi, mengawali bulan puasa Ramadan tahun ini, kami imbau menunggu keputusan Menteri Agama yang diumumkan pada Senin (12/4) malam," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US