Di Tengah Kesulitan Ekonomi Akibat Covid-19, Ekspor Kapulaga Sumut Malah Meningkat
Kapulaga asal Sumatera Utara. (Dok. Balai Karantina Pertanian Belawan)
News
Kota Medan

Di Tengah Kesulitan Ekonomi Akibat Covid-19, Ekspor Kapulaga Sumut Malah Meningkat

Selasa, 14 Juli 2020 14:01 WIB 14 Juli 2020, 14:01 WIB

INDOZONE.ID - Ekspor kapulaga asal Sumatera Utara pada Semester 1 Tahun 2020 meningkat hingga 54,2 persen, yakni sekitar 171 ton atau setara dengan nilai Rp12 miliar.

Balai Karantina Pertanian (Barantan) Belawan menyebut kegiatan ekspor kapulaga tidak terpengaruh di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kepala Barantan RI, Ali Jamil mengatakan pada periode yang sama di tahun lalu, ekspor kapulaga tercatat hanya 82 ton. Oleh karena itu, peningkatan ekspor kapulaga di tengah kesulitan ekonomi akibat Covid-19 patut diapresiasi.

"Para eksportir kapulaga asal Sumut dapat mempertahankan bahkan meningkatkan volume ekspor kapulaga," kata dia dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (14/7).

Dijelaskan Jamil, berdasarkan data dari sistem IQFAST Barantan, eskpor kapulaga asasl Sumut bahkan telah melampaui total ekspor tahun 2019 yang hanya mencapai total ekspor 168 ton senilai Rp8,2 miliar.

Ditambahkannya, ada tiga negara utama pengimpor kapulaga asal Sumut, yaitu Vietnam, Thailand, dan Tiongkok. Total sejauh ini, ada sekitar 19 eksportir kapulaga yang bertambah dari dua tahun lalu.

"Kita patut berbangga, bahwa rempah-rempah Indonesia terutama Sumatra Utara banyak diminati manca negara, kita akan gali terus potensi ekspor dari pertanian kita, agar kesejahteraan petani juga semakin meningkat,” tulis Jamil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US