Hari Ini Berusia 430 Tahun, Begini Sejarah Kota Medan
Skyline Kota Medan, Sumatera Utara. (Instagram/@danboyz88)
News
Kota Medan

Hari Ini Berusia 430 Tahun, Begini Sejarah Kota Medan

Rabu, 01 Juli 2020 11:54 WIB 01 Juli 2020, 11:54 WIB

INDOZONE.ID - Tepat 1 Juli hari ini, kota Medan merayakan hari jadinya yang ke-430 tahun. Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Medan sarat dengan sejarahnya yang panjang.

Penetapan hari jadi 1 Juli 1590

Hari jadi Kota Medan ditetapkan pada 1 Juli 1590. Penetapan hari jadi tersebut dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk II Medan setelah ada penelitian lewat Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Medan yang dibentuk pada 1971.

Pada mulanya, hari jadi kota Medan ditetapkan pada 1 April 1909. Namun, tanggal itu mendapat bantahan dari ahli sejarah dan kalangan pers.

Kemudian, Wali Kota Medan saat itu, Sjoerkani, membentuk panitia peneliti hari jadi Kota Medan lewat Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No 342 tanggal 25 Mei 1971. Panitia tersebut dipimpin oleh Prof Mahadi sebagai ketua dan Syahruddin Siwan sebagai sekretaris.Surat 

Setelah itu, keluar surat Keputusan Wali Kotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No 618 tanggal 28 Oktober 1971 tentang Pembentukan Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan. Panitia ini masih dipimpin oleh Prof Mahadi.

hari jadi kota medan
Monumen Guru Patimpus Sembiring Pelawi Pendiri Kota Medan. (Skyscarpercity/Balaputradewa)

Pada akhirnya, keluar usulan menjadikan tanggal 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan. Tanggal itu diusulkan karena bertepatan dengan didirikannya perkampungan oleh Guru Patimpus.

Dari hasil perumusan yang dilakukan oleh Pansus Hari Jadi Kota Medan yang diketuai oleh MA Harahap bulan Maret 1975 bahwa tanggal 1 Juli 1590 merupakan hari jadi kota Medan, sebagai landasannya adalah didirikannya Si Sepuluh Dua Kuta di Areal Medan.

Kemudian, secara resmi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk II Medan menetapkan tanggal 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan.

Sejarah panjang kota Medan

Kota Medan pada mulanya dikenal dengan sebutan Tanah Deli. Saat itu, keadaan Tanah Deli masih berupa rawa-rawa dengan luas sekitar 4.000 hektare.

Penamaan Medan Deli mulai digaungkan sejak di era penjajahan kolonial. Namun, penamaan tersebut hilang setelah merdekanya Republik Indonesia.

hari jadi kota medan
Skyline Kota Medan (Skyscrapercity.com/rahul medan)

Medan berkembang menjadi pusat ekonomi ketika penjajah Belanda membuka kebun tembakau sekitar tahun 1863. Seiring berkembangnya perekonomian, Medan kemudian menjadi pusat pemerintahan di Sumatera Utara.

Kini, Kota Medan berubah menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia dengan penduduk yang mencapai 2,2 juta jiwa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU