Miris! Rokok Jadi Pengeluaran Terbesar Masyarakat Miskin di Indonesia
Ilustrasi rokok. (Pixabay)
News
Kota Medan

Miris! Rokok Jadi Pengeluaran Terbesar Masyarakat Miskin di Indonesia

Kamis, 18 Februari 2021 11:39 WIB 18 Februari 2021, 11:39 WIB

INDOZONE.ID - Dalam laporan terbaru BPS menyebutkan bahwa biaya rokok menjadi pengeluaran terbesar kedua masyarakat miskin di Indonesia setelah beras.

Menurut pengamat ekonomi asal Sumut, Gunawan Benjamin hal ini merupakan kondisi yang sangat memilukan.

"Pengeluaran untuk rokok itu setara dengan pengeluaran 4 komoditas bahan pokok seperti telur, gula pasir, daging ayam dan cabai," kata dia, dalam keterangannya.

"Artinya jika satu keluarga miskin mengeluarkan kebutuhan rokok, maka rokok tersebut bisa di belikan 4 komoditas bahan pokok itu tadi," lanjutnya.

Tingginya pengeluaran untuk rokok dibanding pengeluaran kebutuhan pokok akan berakibat pada munculnya masalah sosial seperti kelaparan, kurang gizi, serta akses sumber protein yang terbatas.

Oleh karena itu, menurut dia, di tengah kondisi ekonomi yang sedang sulit saat ini, seharusnya rokok tidak lagi menjadi pengeluaran terbesar masyarakat miskin.

"Jangan biarkan rokok menyita anggaran rumah tangga kita. Saat ini kita tengah hidup prihatin dengan kondisi ekonomi yang terpapar pandemi. Banyak yang kehilangan pekerjaan, atau mengalami penurunan pendapatan yang sangat tajam," terang dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US